Perjuangan

Oleh : Hamni Azmi

Setelah berkumpul dalam formasi lengkap lebih kurang 10 hari. Dan satu persatu anak-anak kembali ke tempat jihad mereka. Ternyata berasa banget sepinya rumah lagi.

Setelah si Mas hari Rabu berangkat, dab hari Ahad si Kaka menyusul juga. Kami kembali ke formasi bertiga lagi di rumah. Kali ini keduanya tidak kami antar kembali ke pondok. Karena beda hari. Kalau diantar satu-satu, bakal berefek ke badan yang udah uzur ini. Akhirnya mereka kami kirim dengan travel aja.

Bagi Mas Adib, perjalanan dengan travel adalah pengalaman pertamanya. Buat Emaknya melepas si Mas juga berasa ga tega. Dan ini adalah perpisahan pertama setelah 6 purnama Mas Adib tinggal di pesantren.

Kalau Kaka Dhia sudah terbiasa bolak balik naik travel. Dan Alhamdulillah keduanya aman sampai di tempat perjuangan mereka.

Ini adalah cara kami mengajarkan kemandirian kepada mereka. Kadang ada saat kami tidak bisa menemani terus menerus. Memdampingi kemanapun mereka pergi. Ada saat anak-anak harus melangkah sendiri, menentukan langkahnya tanpa kami orang tuanya.

Semoga keduanya dan juga semua anak yang sedang berjuang untuk mencapai cita-cita, selalu disehatkan, dikuatkan hati dan raganya untuk terus menuntut ilmu. Dan selalu dalam lindungan Allah. Amin.

Barakallahu lanaa wa lakum

Rumahmediagrup/ Hamni Azmi

2 comments

Comments are closed.