13 Desember Ternyata Adalah Hari Nusantara

13 Desember ternyata adalah Hari Nusantara. Lantas apa hubungannya dengan kelautan?

Nenek moyangku seorang pelaut,

Gemar mengarung luas samudera

Menerjang ombak tiada takut

Menempuh badai sudah biasa ….

Tahu enggak, lagu tersebut judulnya apa? Yup. Betul sekali. Lagu tersebut berjudul “Nenek Moyangku” yang diciptakan oleh Ibu Soed. Lagu yang diperkenalkan kepada anak-anak ini memang bertujuan untuk mengenalkan generasi zaman now terhadap sejarah. Bahwa nenek moyang Indonesia dulunya adalah pelaut.

Tapi, teman-teman sendiri sudah tahu belum, kalau setiap tanggal 13 Desember itu diperingati sebagai Hari Nusantara. Memang apa sih yang dimaksud dengan hari Nusantara? Trus, apa hubungannya sama laut?

Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Juanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui Deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Melalui Keppres No. 126/2001 dikukuhkan sebagai Hari Nusantara, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional. Melalui Hari Nusantara ini sekaligus mengingatkan bahwa potensi sumber daya kelautan Indonesia masih belum tergarap dengan maksimal.

Sayang sekali, kan. Indonesia merupakan negara kepulauan namun hasil lautnya belum dimanfaatkan maksimal oleh penduduk Indonesia itu sendiri.

Padahal, laut ini bisa menjadi sumber lapangan pekerjaan, pertumbuhan negara dan mengentaskan kemiskinan.

Harapannya bangsa Indonesia akan seperti nenek moyang yang merupakan bangsa pelaut.

Melalui Hari Nusantara juga diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang tinggal di kawasan pesisir. Betul sekali. Selain peduli pada laut, kita juga selayaknya peduli pada penduduk yang tinggal di sekitarnya. (Sumber: IDNTimes)

Salah satu bentuk kepedulian kita terhadap laut, jika sedang berlibur ke pantai, harap perhatikan jangan sampai membuang sampah sembarangan di sekitar pantai. Saya sendiri juga sebagai penduduk di daerah yang memiliki banyak pantai masih sering menemukan sampah bertebaran di sekitar pantai maupun laut.

Keindahan pantai hendaknya jangan dirusak oleh perilaku manusia

Nah, bagaimana kita mau meningkatkan kepedulian kepada penduduk yang tinggal di pantai kalau seperti itu caranya?

Semoga dengan adanya Hari Nusantara menjadi pengingat kita untuk menambah kecintaan terharap negara kita, negara Indonesia, serta meningkatkan kesadaran kita untuk peduli pada sesama, khususnya masyarakat di sekitar pesisir, dikarenakan Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tentunya banyak sekali penduduknya yang tinggal di kawasan pantai.

rumahmediagrup/emmyherlina