Tahukah Kamu, Konsep AIDA dalam Beriklan?

Tahukah Kamu, Konsep AIDA dalam Beriklan?

Hallo readers. Saat ini saya akan membahas tentang mbak AIDA. Hallo mbak AIDA, hehe.

AIDA adalah suatu singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Formula AIDA, bukan nama orang ya jadinya.. J. Dengan bantuan mbak AIDA kalian bisa mengubah halaman komputer/laptop atau gadget untuk menarik seseorang agar melakukan tindakan.

Jadi,  mbak AIDA bisa digunakan dalam teknik copywriting. Sebenarnya tidak terbatas untuk teknik copywriting ya. Formula AIDA ini bisa juga digunakan untuk mempercantik tulisan agar lebih menarik dibaca dan tentunya mempengaruhi pembaca.

Beberapa pakar mengatakan teknik AIDA mudah dipraktekkan, dan bisa meningkatkan omset sampai 200%.. Wowwww.. Masya Allah yaa…

Sekarang saya coba jelaskan one by one yaa..

1. Attention 

Dalam dunia maya informasi sangatlah banyak dan cepat datang bertubi-tubi. Kalau tulisan kita tidak menarik maka akan dilewati orang begitu saja.

Hal ini sejalan penelitian SilverPop yang dilakukan pada tahun 2013, yang mengatakan bahwa kita hanya memerlukan waktu 8detik atau kurang agar tulisan kita dibaca, so harus menarik bukan? Sedangkan manusia mengedipkan mata tiap 4 detik. Jadi hanya butuh 2 kali kedipan mata, kalau enggak menarik bakalan dipandang sebelah mata.

Nah, tahapan attention ini sangat penting sekali, apa saja yang perlu diperhatikan?

– Headline / Judul
– Gambar
– Kalimat Pembuka

Untuk mendapatkan ketiga hal penting itu kita harus menggali permasalahan buyer, sehingga dia kan bilang, “Wah, ini aku banget.. ini guwa banget!”

Berikut adalah contoh kalimat yang bisa menarik perhatian calon pembeli Anda:
a.“ Ingin tampil beda dari kebanyakan orang yang ada?”
b. “Mau turun berat badan dalam waktu sebulan tanpa diet yang menyiksa?”
c. “Anak Anda ingin semangat belajar tanpa Anda suruh?”

Kita harus bisa menggali keinginan calon buyer agar bisa mendapatkan headline / kalimat pembuka yang menjadi jawaban mereka seperti contoh di atas.

2. Interest 

Setelah berhasil menarik perhatian mereka, jangan lupa buat mereka tertarik dengan Anda.

Buat mereka sadar dengan besarnya masalah mereka.

Untuk memancing interest, cara terbaiknya adalah dengan menyediakan:Informasi/fakta, Statistik, Studi kasus, Kondisi idealnya, Alasan

3. Desire 

Dalam tahap ini, buat mereka sangat menginginkan produk Anda. Desire mirip dengan interest, hanya saja banyak bermain emosi dan logika dengan menampilkan benefit produk. Oh ya perlu Anda ingat sangat berbeda antara benefit (manfaat) dengan fitur.

Sebenarnya mereka tidak peduli Anda, tetapi peduli di sendiri. Jadi sebagai penulis kita harus memosisikan sebagai mereka. Kita menuliskan manfaat apa yang kita peroleh saat menggunakan produk yang kita tawarkan.

 Contoh:
1. Fitur: Dibuat dari bahan case terbaik dan bisa custom
Manfaat: “Dengan jasa kami, Anda bisa memiliki case handphone yang memiliki design unik, hanya Anda yang memiliki karenasesuai selera Anda. Anda akan tampil berbeda sehingga jadi pusat perhatian”

2. Fitur: Dibuat dari bahan alami tanpa mercury
Manfaat: “Dengan produk kami, wajah Anda makin putih berseri tanpa khawatir akan merusak wajah Anda karena terbuat dari bahan herbal yang tidak berefek samping dan membuat Anda nyaman”

Jadi fitur dan manfaat sesuatu yang berbeda ya, sebaiknya kita lebih menekannkan pada manfaat yang didapat oleh pembeli Anda.

4. Action 

Action, artinya aksi. Jadi kita mengajak calon buyer untuk mengambil tindakan. Tindakan yang kita inginkan bisa kita cantumkan di bagian ini. Tindakan itu, misalnya, membeli produk, mendaftar, membuat akun, men-download, mengirim email, menelepon dan sebagianya.

Bagian ini dinamakan call to action (CTA).

Sesuai fungsinya tadi, CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email. Biasanya disertai harga jika Anda menjual sesuatu. Tapi harga juga bisa dicantumkan secara implisit jika harganya mahal, bisa dicantumkan diskonnya yang besar, atau iming-iming tertentu.

Jadi, teknik mbak AIDA ini merupakan gabungan dari Attention, Interest, Desire, Action yang ditulis secara berururutan.

Semoga bermanfaat ya tulisan ini, praktekkan dan Anda akan berkelimpahan orderan. Aamiin YRA

Sumber : alona.co.id

Sumber gambar : shutterstock.com

Repost: https://ajangkumenulis-wurysahaja.blogspot.com/2018/11/apakah-kalian-tahu-mbak-aida-si-jago.html

rumahmediagrup/wurisahaja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.