Jangan Marah

Jangan Marah

            Pernah mengalami yang namanya marah karena alasan dan sebab-sebab tertentu? Bagaimana dampak dari marah bila ditinjau dari segi kesehatan?

1. Meningkatkan risiko terkena penyakit.

Bila seseorang mampu mengendalikan amarahnya, maka risiko untuk terkena penyakit akan sangat kecil kemungkinannya. Sedangkan orang yang tidak mampu mengendalikan rasa marahnya akan mudah terkena risiko penyakit jantung, darah tinggi atau stroke. Oleh karenanya, ketika rasa marah datang, segeralah ingat bagaimana dampaknya bagi kesehatan tubuh, supaya kita bisa cepat-cepat mengendalikan diri dan emosi.

2. Mempercepat penuaan.

Menuruti rasa marah akan menyebabkan proses penuaan berjalan lebih cepat. Otot-otot yang ada di seluruh tubuh sering menegang karena reaksi dari rasa marah, akan menyebabkan tubuh bekerja lebih keras. Ketegangan tersebut mengakibatkann kulit menjadi cepat keriput. Semakin sering otot mengalami ketegangan, semakin cepat keriput datang. Jadi, bila ingin terlihat awet muda, usahakanlah untuk tidak sering marah.

Sumber gambar : Canva

3. Membuat susah tidur.

Kemarahan yang tidak tersalurkan atau terpendam, bisa mengganggu ketenangan hati seseorang. Bila perasaan marah tidak juga mereda, maka bisa semakin menumpuk dan membebani. Hal tersebut membuat seseorang akan dihantui rasa gelisah dan kesal, sehingga mengganggu saat tidur. Stres akibat rasa marah tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

4. Melemahkan sistem imun tubuh.

Ketika sedang marah, tingkat metabolisme seseorang meningkat. Peredaran darah mengalir lebih cepat dan jantung berdetak lebih kencang. Hal ini menyebabkan pengeluaran hormon kortisol yang berlebihan. Kortisol dapat menyebabkan tubuh salah mengartikan sinyal kekebalan tubuh, sehingga tubuh gagal membentuk sistem pertahanan. Selain itu juga kortisol menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kadar insulin tetap tinggi dalam tubuh, akibatnya penyakit pun berdatangan dan menyerang tubuh.

Wah, ternyata banyak hal-hal merugikan yang ditimbulkan rasa marah terhadap tubuh. Oleh karena itu sebaiknya menghindari rasa marah sangatlah perlu, karena untuk menjaga tubuh tetap sehat baik fisik maupun mental. Mari berlatih mengendalikan diri ketika amarah datang melanda. Jadi, janganlah marah maka insya Allah surga untukmu. Aamiin ya Robbal Alamiin. Wallahu alam bishowab.

***

rumahmediagrup/rheailhamnurjanah

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.