Tiga Tahapan dalam Menuntut Ilmu

Tiga Tahapan dalam Menuntut Ilmu

Sedari lahir, kita sebenarnya telah mulai belajar tentang kehidupan. Perlahan seiring waktu, semakin banyak ilmu yang kita pelajari. 

Menuntut ilmu itu ibadah yang sangat mulia. Orang berilmu memiliki wawasan yang luas. Memiliki ilmu tidak didapat dengan cara instan, semua bertahap. Setiap tahapan pasti melalui kondisi yang berbeda-beda.

Ada 3 tahapan dalam menuntut ilmu dari Umar Bin Khattab :

Ilmu ada tiga tahapan. Jika seorang memasuki tahapan pertama, ia akan sombong. Jika ia memasuki tahapan kedua ia akan tawadhu’. Dan jika ia memasuki tahapan ketiga ia akan merasa dirinya tidak ada apa-apanya”

Tahapan pertama banyak terjadi di kehidupan ini. Seseorang yang baru mendapat satu pengetahuan saja, merasa paling tahu dan paling menguasai. 

Pada tahap kedua, berangsur-angsur kesombongan akan terkikis, menjadi lebih rendah hati dan terbuka dengan pemikiran ahli lainnya.

Tahap ketiga, semakin banyak belajar maka semakin kuranglah ilmu yang didapat, karena ilmu itu bisa jadi seluas samudra dan baru sebagian kecil saja yang telah dipelajari. 

Sungguh, mengejar ilmu pengetahuan tidak akan pernah habisnya. Raihlah terus dan bagaikan ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Ilmu yang bermanfaat dari seseorang yang berwawasan dan berakhlak mulia.

rumahmediagrup/hadiyatitriono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.