Analisis Induktif Kualitatif

sumber gambar: http;//www.indonesia.go.id/

Analisis Induktif Kualitatif

Metode induktif dalam penelitian kualitatif menjadi sesuatu yang penting. Namun penggunaan induktif ini pada awalnya digunakan pada penelitian studi kasus. Metode ini dapat dimaknai sebagai proses mendeskripsikan hasil penelitian.

Prinsip induktif pada penelitian studi kasus adalah mendorong penyelesaian kasus tertentu, melalui pengujian sebuah teori. Prosesnya dapat dilakukan melalui investigasi sebuah kasus tertentu. Dan pastinya adalah mendeskripsikan data sebagai proses analisis. Demikian maka induktif dapat dikatakan sebagai pendekatan teknik analisis data kualitatif.

Pada penelitian kritis, induktif juga sering dilakukan. Hal ini memudahkan peneliti untuk mencari bukti atau pembuktian dari data secara empiris. Namun, sebagian para ahli menggunakan metode analisis data induktif ini dengan cara menggabungkan analisis data setelah proses penandaan (coding), yaitu menggabungkan teori. Hal ini dilakukan pada grounded theory, yaitu membangun teori dan juga mengembangkan teori.

Analisis induktif dilakukan untuk memverifikasi dan melakukan respon terhadap pertanyaan-pertanyaan terbuka. Tahapan dalam induktif yaitu mulai dari persoalan penelitian yang secara khusus sudah ditentukan dalam penelitian. Apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian? Kemudian peneliti mengembangkan construct atau biasa disebut sebagai kategori-kategori analisis. Hal ini dilakukan memilah tema atau label kategori dari data.

Secara umum, induktif diketahui sebagai pendekatan analisis untuk menemukan hasil dengan cara pikir khusus ke umum. Yaitu hal-hal kategori khusus yang telah ditemukan akan mengarah pada kategori umum. Segmen teks yang berasal dari catatan lapangan, transkip wawancara atau semua data yang tekstual. Kemudian melakukan analisis atas semuanya tersebut. Kategori analisis akan muncul dari proses ini. Terhubung dengan pertanyaan penelitian, atau bahkan secara langsung berasal dari pertanyaan wawancara.

Setelah menyusun kategori analisis, selanjutnya adalah membaca data. Namun seringkali peneliti tidak membaca secara keseluruhan transkip. Artinya tiap halaman dalam catatan lapangan menjadi data pelengkap. Hal ini dilakukan dengan cara mencatat apa yang tampak. Dan yang ada pada permukaan tema yang relevan. Harusnya peneliti membaca semua transkip. Karena di sana semua adalah data.

Kemudian, peneliti memberikan label kategori untuk memilah data. Lalu, mencatat bahwa beberapa kategori analisis untuk proses identifikasi. Dalam proses ini, agar terjaga beberapa kategori memiliki hubungan dengan pertanyaan penelitian, maka peneliti memunculkan kategori dari beberapa kata yang muncul dengan frekuensi yang sering. Walaupun bacanya secara acak.

Dalam pendekatan grounded theory, analisis dan strategi harus dapat menyelesaikan kriteria obyektif dalam proses seleksi data. Hal ini menawarkan definisi tertulis pada pengkodean dalam tiap kategori. Dan ini juga berlaku pada teknis analisis lainnya juga. Kriteria ini mungkin secara sederhana dapat dilalui sampai menjadi kesimpulan.

Proses memunculkan kriteria sampai dengan kesimpulan inilah dapat dikatakan sebagai induktif. Memilah beberapa potongan data kategori dalam catatan lapangan dan pada akhirnya menggambarkan sebuah kejadian utuh. Kriteria ini diseleksi dari beberapa kategori yang telah diselesaikan. Munculnya kesimpulan utuh yang dibuat berdasarkan kategori tersebut sudah melewati proses induktif.

Namun, disarankan bagi peneliti bahwa pengambilan gambaran utuh (kesimpulan) melalui pencarian sebuah pola. Potongan-potongan jawaban informan ditata dalam beberapa kategori atau tema tertentu. Demikian juga jika banyak tema yang mengungkapkan hal yang serupa dalam membentuk pola, maka kemudian peneliti harus menyakinkan pembacanya pada beberapa ide dan kuatnya pola. Yaitu menggambarkan kuatnya argumentasi, memberikan komentar atas pernyataan-pernyataan informan. Aturan main dalam induktif harus dilalui dengan seksama. Agar terjaga sifat alamiah proses analisisnya.

Semoga bermanfaat.

rumahmediagrup/Anita Kristina

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.