Sejarah NuBar – Nulis Bareng

Iklan

Sejarah NuBar – Nulis Bareng

NuBar – Nulis Bareng adalah event menulis keroyokan atau disebut dengan antologi, kumpulan dari beberapa penulis dalam satu buku–hingga saat ini ditulis oleh 2 – 25 penulis. Digagas oleh Penulis “Kata Sakti Motivasi” Ilham Alfafa, pada bulan Oktober 2015. Awalnya, event ini dinamai dengan Project Menulis Bersama atau PMB. Buku pertama yang lahir sekaligus menjadi anak pertama adalah “Titik!” yang ditulis oleh Ilham Alfafa bersama Aan NH, Aris Rahman Yusuf, Puji Al Fauziah, Elhikam, dan Ahzan. Terbit pada bulan Desember 2016. Akhirnya, di bulan itu juga PMB diganti nama menjadi NuBar – Nulis Bareng dengan mengadakan event menulis bareng sesi kedua, ketiga, dan keempat. Event kedua dikoordinatori oleh Ilham Alfafa, event ketiga oleh Ilham Alfafa dan Sutami Rusli, kemudian event keempat oleh Sutami Rusli.

NuBar – Nulis Bareng muncul di saat sedang trennya penerbit maupun komunitas mengadakan event Lomba Kepenulisan. Sehingga, nulis bareng masih belum ramai seperti sekarang. NuBar mengadakan event menulis bareng tanpa seleksi serta diterbitkan secara gratis. Event NuBar sukses menyedot perhatian banyak penulis, komunitas maupun penerbit.

NuBar – Nulis Bareng, dalam perjalanannya sudah mengadakan 10 event dengan melahirkan 11 Buku Antologi Cerpen maupun Bunga Rampai di luar buku NuBar “Pelatihan Menulis”. Buku terakhir dari event nubar adalah Aku Harus Kuat.

Untitled-2
Iklan

NuBar – Nulis Bareng, dengan slogan “Menulis Buku Terasa Lebih ringan” akan mendekati 1 tahun perjalanannya. Kini, akan mengadakan NuBar baru Sesion #11 yang lebih seru karena mengajak–menantang–para penulis berbakat dari berbagai profesi, daerah, maupun komunitas untuk menulis bareng di event terbaru ini dengan jumlah maksimal 100 penulis. Event terbaru ini diberi judul “KITAB ANTOLOGI” Cerpen dan Puisi dengan harapan buku hasil nubar ini menjadi KITAB ANTOLOGI pertama yang diterbitkan. Diharapkan pula, setelah mengikuti nubar ini, para penulis akan semakin semangat mengembangkan bakat dirinya dalam dunia kepenulisan serta menjadi pejuang literasi generasi unggul dan bermanfaat.

Kelebihan NuBar – Nulis Bareng, selain karya mereka yang ikut nubar diterbitkan dalam bentuk fisik buku, juga diterbitkan dalam bentuk digital–bukan e-book yang mudah dicopas maupun di printout– melalui Google Play Store kategori Buku.

Nah, buat sahabat-sahabat yang ingin berpartisipasi dalam NuBar Area Terbaru, silakan baca SnK terbarunya di sini.

Bila sudah siap untuk bergabung dan memberikan karya terbaiknya, langsung saja daftar! Atau sudah sering jadi kontributor NuBar, ingin mencoba jadi PJ? Cek SnK terbarunya di sini.

Iklan

Salam Semangat

Salam Literasi

NuBar  – Nulis Bareng

Menulis Buku Terasa Lebih Ringan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.