Penulis Itu Harus BAPER (Bawa Perasaan)?

Iklan

Untuk memotivasi dan menanamkan kebiasaan menulis, saya selalu menganjurkan orang agar menulis apa yang diminatinya, apa yang sedang berkecamuk di perasaan dan pikirannya, serta apa yang dikuasainya. Kalau seseorang sedang berbunga-bunga hatinya, maka tuliskanlah perasaan itu dengan jujur. Kalau seseorang sedang terkesan akan suasana tempat yang dikunjunginya, maka tuliskanlah kesan itu dengan jujur. Kalau seseorang sedang berpikir-pikir keras mengapa orang baik harus menderita dalam kehidupan di dunia ini, maka tuliskanlah pikiran itu dengan jujur.

Kalau kita memiliki kepekaan perasaan dan pikiran (kepekaan perasaan dan pikiran adalah suatu hal yang harus diasah setiap waktu), menangkap sesuatu yang menarik dengan kepekaan itu, dan menuliskannya dengan jujur maka orang akan tertarik membacanya.

Iklan

Banyak karya-karya besar di dunia ini yang ditulis oleh pengarangnya karena ia menangkap sesuatu dengan perasaan dan pikirannya, menggadang-gadang sesuatu itu, lalu ketika sesuatu itu sudah tidak bisa lagi dibendungnya dia menuangkannya dalam bentuk tulisan yang jujur. Pada mulanya sebagaimana yang telah diuraikan di atas motivasinya ketika menuliskan itu hanyalah menyalurkan rasa sepi dan gelisahnya. Tapi kemudian tulisan tersebut terbaca oleh orang lain, dianggap menarik, diterbitkan dan memberikan kekayaan pengalaman bagi ribuan atau bahkan jutaan pembaca lainnya.

Kalau seseorang merasa nyaman untuk menuangkan gagasannya dalam gaya menulis surat, maka pakailah gaya itu. Ada banyak sekali buku terkenal dan menarik yang berawal dari kumpulan surat atau kumpulan surat-menyurat. Kalau seseorang merasa nyaman untuk menuangkan gagasannya dalam gaya menulis “personal essay”, maka pakailah gaya itu. Cerita yang ditulis dari perspektif orang pertama, dan yang memakai “saya” dan “aku” sebagai penulis, asalkan ditulis dengan jujur juga selalu menarik untuk dibaca.

rumahmedia/deejay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.