Pingin Kaya dan Terkenal? Menulislah! (Bag. 2)

Iklan

Selain Habiburrahman, Indonesia juga memiliki penulis-penulis perempuan hebat. Salah satunya adalah Asma Nadia. Karya Asma Nadia banyak ditemukan di majalah hingga koran. Salah satu bukunya yang best seller adalah Catatan Hati Seorang Isteri yang diterbitkan oleh Lingkar Pena Publishing dan Kumcer Emak Ingin Naik Haji.

Tulisan-tulisan yang dibuat oleh Asma Nadia tentu saja banyak memberikan inspirasi dan motivasi bagi orang lain. Nilai-nilai yang syar’i dapat ditemukan disetiap tulisannya. Hebatnya lagi, Asma Nadia mampu mengemasnya dengan cantik bahkan meremaja sekali. Sehingga banyak sekali remaja yang menyukai tulisan-tulisannya. Konon ibu muda ini mengumpulkan lebih dari 300 juta dari karyanya yang beredar dan beberapa hak cipta film untuk novelnya.

Menjadi penulis yang berjiwa entrepreneur memang sangat menggiurkan sebagai penyemangat agar kita tetap berkarya tanpa mengenal lelah. Di sini keterampilan menulis bukan hanya dijadikan sebagai hobi, tetapi sudah berubah menjadi usaha yang mendatangkan banyak keuntungan. Inilah yang disebut sebagai writerpreneuship. Jadi writerpreneurship, adalah seseorang yang memilih kegiatan menulis, sebagai ladang usahanya.

Ahmad Gaus dalam WriterPreneurship: Bisnis dan Idealisme di Dunia Penulisan mengatakan, para penulis yang berjiwa entrepreneur sangat peka pada aspek-aspek komersial dari karya mereka. Bahkan mereka berkarya dengan kesadaran untuk memperoleh materi, karena itu mereka selalu jeli melihat peluang. Mereka ini merupakan partner yang baik bagi penerbit dalam suatu hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme).

Para penulis yang memiliki jiwa entrepreneur akan menciptakan pekerjaannya sendiri tanpa harus menunggu lowongan kerja, apalagi di tengah persaingan yang semakin hari kian ketat.  Karenanya, profesi menulis bisa dijadikan alternatif agar kantong kita tidak terus mengering dan menulis bisa dilakukan oleh siapa dan di mana saja serta tanpa dibatasi usia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.