Pingin Kaya dan Terkenal? Menulislah! (Bag. 3)

Iklan

Namun, untuk menjadi penulis yang berjiwa entrepreneur butuh waktu dan proses panjang. Sebab, di samping memiliki kemampuan tulis-menulis, seorang penulis juga dituntut memiliki kemampuan berbisnis. Writerpreneur adalah pengusaha kreatif di bidang kepenulisan. Mereka mampu membaca peluang bagaimana karya tulisnya bisa dijadikan komoditas yang bisa dikonsumsi para pembaca.

Bisakah kita menjadi kaya dengan menulis? Jelas bisa! Hanya saja tergantung urutannya. Maksud tergantung urutannya bagaimana?

Begini, bila Anda membaca tips atau rahasia sukses dari para penulis hebat maka Anda akan mengetahui bahwa hampir semua mereka menulis untuk berbagi manfaat dulu, bukan ingin menjadi kaya dulu.

Absah saja bila ingin menjadi kaya dengan menulis. Hanya saja bagi penulis hebat, itu bukan urutan yang pertama. Urutan pertama tetap berbagi manfaat.  Sedangkan untuk menjadi kaya urutannya bisa jadi nomor dua; bisa nomor tiga; atau nomor empat; atau nomor belakangnya lagi. Mengerti, kan?

Begitu juga saya. Saya menulis untuk memberi manfaat atau solusi masalah bagi orang lain. Saya menulis karena saya tahu di luar sana ada ribuan orang yang membutuhkan solusi masalah hidup. Dan saya sangat senang menuliskan solusi untuk mereka. Masalah bisa kaya dengan menulis atau tidak, itu nomor sekian puluh.

Berikut ini adalah tujuan saya menulis; untuk kepuasan batin saya. Ini adalah keberkahan ilmu. Untuk kesenangan batin orang lain. Dan ini adalah manfaat ilmu.

rumahmedia/deejay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.