Pentingnya Meminta Maaf

Bina Pribadi Islam yang disingkat dengan BPI merupakan salah satu program atau kegiatan rutin yang terdapat di SMKIT Fitrah Hanniah selain dari pengajian rutin atau liqo. Setelah sholat Jumat anak-anak diisi dengan Baca Tulis Hapal Qur’an (BTHQ). Lalu dilanjutkan dengan BPI, secara kebetulan aku menemani mereka di kelas. Sekalian menyimak tausiah yang disampaikan ustadz Wardiana Kusumah.

Banyak materi yang disampaikan, pada akhirnya ada satu materi yang masih tengiang dan masih hangat dalam ingatan. Materi tentang salah dan dosa. Awalnya ustadz mempertanyakan sebab-sebab mengapa hasil try out kemarin, masih jauh dari harapan. Banyak yang harus ditambahkan dan ditingkatkan mengenai materi dan pembelajaran. Setelah mengetahui nilai yang diperoleh, Ustadz melanjutkan pertanyaan. “Adakah salah atau dosa yang kita lakukan kepada orang tua kita, terutama ibu? kepada guru, teman kita, baik yang disengaja atau tidak?”

Ustadz mengatakan bahwa “Kesalahan atau dosa yang pernah kita lakukan akan menjadikan kita penghalang keberkahan dan cita-cita yang akan kita capai. Karena kesalahan yang kita lakukan kepada seseorang harus diselesaikan juga dengan orang bersangkutan. Apabila mempunyai salah maka minta maaflah dan selesaikanlah dengan baik-baik. Jangan sampai kita melukai orang lain, karena apabila orang itu terluka dan belum memaafkan maka dosanya akan terus ada, dan belum terampuni hingga kita meminta maaf dan menyelesaikannya.”

“Janganlah sampai kita menyakiti orang lain baik dari ucapan, perilaku dan perbuatan. Janganlah kita memakai sepatu tanpa sepengetahuan teman, mengambil yang bukan haknya atau meminta dengan paksa.” Lanjut ustadz dalam tausiahnya. Ternyata meminta dengan paksapun itu akan mengganggu kenyamanan apalagi dengan mengambil yang bukan haknya. Bagaimana yang mempunyai itu akan ikhlas apabila barang atau bendanya diambil? Minta maaflah dan selesaikan, semoga akan menjadi pintu pembuka keberkahan dan cia-citapun akan terwujudkan. Aamiin yaa Rabbal Aalaamiin.

Wallahu a’lam bishowab

rumahmediagrup/suratmisupriyadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.