Dewi Adikara: Berkarya bisa dimana saja dan kapan saja

Dewi Adikara: Berkarya bisa dimana saja dan kapan saja

Cung …! Siapa yang resign dari karyawan demi mengabdi pada keluarga?

Buk, ibuk … sabar, para ibu seringkali yang harus memilih jalan ini. Walau saat karir melejit, atau butuh terbang ke luar negeri, tetap aja jika harus dihadapkan pada pilihan merawat anak yang sedang demam ajah, para ibu rela untuk me-reschedule jadwalnya. Bukannya para bapak tidak bisa begitu ya, tapi memang pada umumnya di negeri kita tercinta ini, para bapak memiliki porsi tanggung jawab yang lebih besar untuk memenuhi finansial keluarga.

Nah, pembagian tugas dalam keluarga akhirnya peran sang ibu memang lebih banyak untuk merawat dan mendidik anak secara langsung. Bahkan saat ibu berkarir di luar pun, sempat-sempatnya harus intens menghubungi keadaan anaknya yang terpisah secara ruang dan waktu.

Dewi pun memutuskan jadi mantan Banker dan menjalani bisnis Safety Shop di Surabaya dengan suami, dengan bermodal abdi pada keluarga. Kita memulainya dari nol, karena tidak ada turunan wirausaha dari orangtua. Memulai dari nol, berarti merangkak dari tidak punya apa-apa dan menyelesaikan semua sendiri.

Para ibu, tak perlu berkecil hati jika memang dihadapkan pada pilihan harus memegang tanggung jawab penuh pekerjaan rumah. Apalagi yang biasanya dandan cantik berangkat ke kantor, kini harus berdaster di rumah dengan setumpuk cucian kotor dan harus bersahabat dengan goyangan sapu dan pel beratus kali karena lantai selalu diwarnai tumpahan makanan dan minuman oleh anak-anak.

Semua akan ada waktunya, semua akan ada masanya. Saat kegigihan kita untuk tetap berkarya masih on fire, maka impian-impian itu bisa kita tuliskan di sebuah memo. Hingga saatnya tiba, kita buat satu per satu langkah untuk menuju ke sana.

Dewi pun pernah mengalaminya, dengan dua anak kecil tak berdaya yang membutuhkan keberadaan Dewi. Padahal Dewi biasa lompat sana-sini naik mobil, kereta, pesawat eh … kemudian harus diam di rumah. Hidup itu perlu seimbang, saat Dewi banyak menghabiskan energi untuk menyelesaikan tugas, Dewi pun harus mencari kesenangan yang terarah dan positif. Apapun itu.

Dewi mulai menulis, dan pada akhirnya berkenalan dengan nubar, komunitas menulis yang banyak menelurkan karya-karya dari penerbit Rumedia, bahkan sekarang semakin melejit karyanya di Google Playbook dan Google Playstore. Alhamdulillah beruntungnya Dewi dipercaya menjadi PJ oleh Manager Area Sumatera yang baik hati, walau kita tidak pernah berjumpa langsung, tapi rasa itu nyata.

Start up setiap ibu dalam berkarya pastinya berbeda, bergantung dari hobi dan keahlian yang dimiliki baik dari pengalaman atau proses belajarnya. Saat kita berani konsisten dan membagi waktu tanpa mengabaikan kesehatan fisik dan psikis, maka karya itu akan menetas.

Semisal, sahabat menyukai kegiatan memasak. Buatlah variasi menu yang enak dan hemat. Cari tahu lebih banyak, bisa belajar dengan mbah google, ngobrol dengan orangtua, teman, atau siapapun. Dari proses belajar itu kita naik level, dari yang sebelumnya hanya bisa goreng tempe, jadi bisa buat sambal goreng tempe, oseng-oseng tempe udang, dan sebagainya.

Sama halnya, dengan Dewi awal belajar nge-Blog, yang sebelumnya blank diam seribu bahasa dan tangan diam saja lihat layar laptop utak-atik blog, sekarang dipercaya untuk mengajar blog beberapa kali.

Awalnya membangun http://www.curhatanaksekarang.wordpress.com lalu www.sahabatblogger.com kemudian membangun komunitas seller online di www.dewiadikara.com

Alhamdulillah. Kunci Dewi ada dua, selalu belajar dan semangat💗

Berkarya itu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja😊 Sahabat mau belajar bersama Dewi? Boleh wapri Dewi ya.

Salam,

Dewi Adikara.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.