Selampai

Oleh : Hamni Azmi

Hari ini jadwal saya dan anak-anak untuk ceki-ceki semua lemari yang ada di rumah. Melihat barang-barang yang masih layak untuk kita bagikan ke teman-teman yang berkenan.

Setiap bulan selalu ada jadwal untuk pengecekan isi lemari. Begitu cara saya dan suami membiasakan anak-anak untuk menggunakan barang dan menyimpannya dengan apik agar pada saat kita tidak dapat memanfaatkannya lagi, barang tersebut bisa dibagikan ke orang lain yang mungkin akan lebih bermanfaat. Hal ini juga dalam rangka mengasah rasa berbagi mereka.

Satu persatu lemari di cek, dimulai dari lemari Kaka, Mas dan Ade. Masing-masing sudah menentukan barang yang akan mereka bagikan. Kebahagiaan tampak dari raut wajah mereka saat memilah milah barang. Ada celetukan lucu yang mengingatkan akan barang yang mereka temukan.

“Mas, ingat ga dengan topi ini?”
kaka menunjukkan topi hitam yang dia dapat kepada adeknya.
“Hahahahah”, spontan kami semua tertawa. Karena ingat kejadian si Mas bergaya ala peragawan saat diambil foto dengan mengenakan topi pesulap itu. Indahnya kebersamaan dan kenangan indah.

Setelah selesai dengan lemari anak-anak, biasanya mereka saya bebaskan untuk beristirahat. Aku melanjutkan membongkar lemari yang lainnya. Satu persatu barang yang ada di dalam lemari diperiksa.

Di sudut lemari kulihat ada sebuah kotak berwarna kehitaman dari kayu. Aku lupa barang apa ya yang ada di situ. Bergegas aku lihat dan saat itu juga seluruh netraku basah, dadaku dipenuhi rasa rindu yang tak terbendung. Sebuah selampai berwarna merah tua bercorak yang pernah diberikan Babah kepadaku saat aku akan berangkat ke Australia untuk mengikuti Kongres Pemuda Palang Merah se-Asia Pasifik tahun 2000.

Babah mengirimkannya lewat kantor pos dan kuterima tepat satu hari sebelum keberangkatanku. Selampai inilah yang menemaniku setiap hari selama di Australia.

Sesaat teringat betapa Babah sangat menyayangiku, sangat memperhatikanku. Betapa rindunya hati ini padanya.

Hanya doa yang selalu kusampaikan kepada Allah agar diampuni segala dosanya, diterima segala amal kebaikannya, diluaskan kuburnya dan ditempatkan di tempat terbaik. Amin ya rabbal alamin.

Tanah Bumbu, 13.02.2020

Rumah Media Grup / Hamni Azmi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.