Manfaat Dahsyat Menulis Tangan Bagi Otak

Manfaat Dahsyat Menulis Tangan Bagi Otak

Ada yang menganggap bahwa menulis lewat tulisan tangan adalah sebuah aktivitas membosankan dan melelahkan. Tak sedikit orang yang kesehariannya banyak melakukan aktivitas lewat menulis tangan akan mengeluh pegal, bosan, capek, dan sebagainya. Padahal bila ditelusuri, nyatanya aktivitas menulis tangan itu memiliki banyak manfaat bagi kita. Apa sajakah manfaatnya?

  1. Meningkatkan kemampuan belajar. Pada kegiatan belajar, siswa yang aktif menulis dengan tangan ternyata akan lebih paham, fokus, dan lebih ingat pada materi pelajaran yang ditulisnya. Mereka akan memiliki memori otak yang lebih baik dibandingkan dengan siswa lain yang lebih sedikit menulis dengan tangan.
  2. Meningkatkan Kemampuan Otak. Saat melakukan aktivitas menulis dengan tangan, kemampuan motorik dipaksa untuk bekerja. Hal ini menyambungkan saraf-saraf di otak yang disebut “lintasan membaca”. Kemampuan kognitif (area kognitif di otak terasah) akan meningkat sebab menulis melibatkan organ di otak dan tangan yang lebih kompleks.
  3. Menenangkan kegugupan dan menenangkan orang yang memiliki gangguan kurang perhatian. Terutama jika aktivitas menulis dengan tangan dilakukan saat malam hari.
  4. Memperlambat penuaan pikiran. Menulis dengan tangan mampu mempertahankan ingatan sekalipun umur terus bertambah. Menulis mampu melenturkan otak sehingga menjaga pikiran kita tetap tajam. Hal ini berlaku bagi semua kalangan usia, yaitu anak-anak dan orang tua.
  5. Merangsang kreativitas. Aktivitas menulis akan merangsang tenaga dan pikiran ekstra untuk berkreativitas. Terutama sekali bagi mereka yang berprofesi sebagai penulis. Sehingga tak heran bila banyak penulis yang mampu menghasilkan karya-karya yang spektakuler, berbeda, unik, dan digemari banyak orang.
  6. Mengurangi depresi dan kecemasan. Meluapkan perasaan dan pikiran lewat tulisan tangan misalnya menulis di buku harian baik sebagai terapi otak dan sarana penyembuhan. Menulis mampu merapikan pikiran yang berantakan menjadi lebih terorganisid, sehingga lebih mudah memproses masalah secara obyektif. Jadi jangan pernah meremehkan atau mengatakan “lebay” pada orang yang senang menulis dengan tangan pada buku harian, ya?
  7. Membantu mengarahkan tujuan. Seorang peneliti berkata, “Menulis merupakan bentuk pemikiran yang dapat membantu orang memperoleh informasi dari pengalaman mereka. Itu bisa memandu persepsi, tindakan, pemikiran, dan emosi mereka sekaligus memperjelas tujuan di masa depan, dengan mengingat target-target penting yang harus dilakukan.”(Dr. Jordan Peterson) Maka orang yang suka menulis, akan lebih memetakan cita-cita dan impiannya, dalam bentuk rencana dan tujuan yang pasti.
  8. Melatih kemampuan berkalimat lebih baik. Siswa yang menulis esai dengan tulisan tangan lebih banyak dibanding mengetik lewat komputer akan memiliki kemampuan lebih cepat membuat kalimat yang lebih lengkap dan terarah. Otak mereka akan bekerja lebih terorganisir dan lincah dalam merangkai untaian kata dalam suatu kalimat, sehingga menulis menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan dan dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.
  9. Memerangi Disleksia. Sebagaimana yang kita tahu, seorang Disleksia memiliki kesulitan untuk merangkai kata dan menuliskan bentuk-bentuk huruf atau angka agar sesuai dengan kelaziman.Deborah Spear, seorang terapis akademik di Great Falls mengatakan bahwa bentukan garis dan goresan pena yang bergerak dari kiri ke kanan mempermudah penderita Disleksia yang kesulitan membentuk kata-kata dengan benar. Dengan dilatih banyak menulis, maka para penderita Disleksia akan terbantu agar mampu merangkai kata dalam kalimat dan menuliskan bentuk angka serta huruf dengan benar. Deborah Spear sendiri adalah satu-satunya ahli grafolog Indonesia yang bernaung di bawah American Association of Handwriting Analyst (AAHA) DAN American Handwriting Analyst Foundation(AHAF).
Sumber gambar : Quote Creator dan Nubar Rumedia Jabar

Nah, setelah mengetahui manfaat menulis dengan tangan, apakah kita masih menyepelekan aktivitas yang satu ini?

***

Sumber referensi :

https://m.kumparan.com/lifehack/9-alasanmenulis baik untuk otak.

https;//Nakita.grid.id/read/02962359/mama’s time/ erinintyani Shabrina Ramadhani. Rabu, 24 Oktober 2018. Rutin Menulis Tangan Tiap Hari, Manfaatnya Baik Untuk Cerdaskan Otak! Diakses tanggal 14/02/2020

rumahmediagrup/rheailhamnurjanah

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.