Obrolan Pagi

“Bu, coba lihat rangkuman saya, baru saya dapat lho dari kajian tadi pagi. Saya dengarkan kajian Ustaz Adi Hidayat.” Isi whatsapp Zaqi mengawali chatnya.

“Kajiannya bagus lho, Bu. Dalam kajiannya membahas penyakit yang sedang melanda sekarang ini. Ustaz menjelaskan ada beberapa surat dan ayat yang dapat dibaca agar terhindar dari berbagai penyakit.

Pertama dalam surat Al Isro ayat 82, yaitu :

 Wa nunazzilu minal-qur`āni mā huwa syifā`uw wa raḥmatul lil-mu`minīna wa lā yazīduẓ-ẓālimīna illā khasārā 


Terjemah Arti: 

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. 


Tafsir Quran Surat Al-Isra Ayat 82.


Dan Kami turunkan dari Al-Qur`ān sesuatu yang menjadi obat penawar bagi hati dari penyakit kebodohan, kekafiran dan keraguan, dan sesuatu yang menjadi obat bagi badan bila melakukan ruqyah dengannya, juga dari Al-Qur`ān itu Kami turunkan sesuatu yang menjadi rahmat bagi orang-orang mukmin yang beramal dengannya. Dan Al-Qur`ān ini tidaklah menambah pada orang-orang kafir kecuali kebinasaan; karena mendengarkannya membuat mereka semakin dengki, semakin mendustakan dan berpaling darinya.


Referensi: https://tafsirweb.com/4686-quran-surat-al-isra-ayat-82.html

Zaqi semangat berbagi ilmu dengan ibu gurunya, ia pun melanjutkan tulisannya, menerangkan juga surat yang

kedua berkaitan dengan surat di atas yaitu surat, Al-anbiya ayat 83-84

dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya, “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.” Maka Kami pun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.

ketiga doa ditutup dengan membaca Al-fatihah 1-8

  • بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ1. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayangاَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ2. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ3. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ4. Pemilik hari pembalasan.اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.اِھْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَـقِيْمَ6. Tunjukilah kami jalan yang lurusصِرَاطَ الَّذِيۡنَ اَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ ۙ غَيۡرِ الۡمَغۡضُوۡبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا الضَّآلِّيۡنَ7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Surat dan ayat di atas merupakan surat dan ayat untuk menyembuhkan segala penyakit kecuali kematian, janji Allah. Doa-doa surat dan ayat di atas harus dibaca dengan bersungguh-sungguh, hati yang ikhlas dan baca dengan ketulusan untuk kesembuhan dari penyakit yang diderita.

Selain surat di atas juga, ada tentang keutamaan surah Al-Baqarah, yaitu

Jejak-jejak yang diikuti. Kenapa disebut dengan al-matsurat atau dzikir pagi dan petang karena ada jejak-jejak nabi. Jangan jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan. Rumah yang tidak pernah digunakan dzikir, baca Al-Qur’an, sholat, sama seperti kuburan.

Rumah yang dibacakan Al-baqarah inshaAllah tidak akan dihadiri oleh syaiton, selama 3 hari.

Semua surat dalam Al Qur’an istimewa akan tetapi surat Al-Baqarah memiliki keistimewaan tersendiri.

“Nah itu Bu, yang saya dapatkan dari kajian pagi ini” Ucap Zaqi mengakhiri whatsapp nya

Aku memujinya, bersyukur anak didikku masih menyempatkan mengikuti kajian, walaupun setelah mengakhiri chat nya ia kembali main games.

Jadi intinya, jangan panik tetaplah waspada, walaupun UNBK diundur lalu kukirim balasan pesannya dengan. Rentetan amanatku.

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Sehubungan dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terkait penundaan UNBK/UN diharapkan siswa:

1. Belajar di rumah secara online

2. Tidak diperkenankan untuk beraktivitas keluar, berkumpul dengan khalayak ramai, ataupun rekreasi.

3. Perbanyak mendekati diri kepada Allah SWT. Perbanyak ibadah, dzikir, muhasabah diri dan berinfaq.

4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

5. Manfaatkan waktu luang dengan hal positif.

6. Jika tertangkap tangan di luar atau bepergian keluar atau ke khalayak ramai, sekolah tidak memberikan izin masuk untuk sementara, sebelumnya harus memastikan kesehatan terlebih dahulu.

7. Jika sudah dinyatakan sehat dengan membawa bukti surat keterangan dari dokter, maka baru boleh diizinkan masuk.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat dipahami. Terima kasih.

Panitia UNBK

rumahmediagrup/suratmisupriyadi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.