Mekanisme pada Perbedaan Upah

sumber gambar: http;//www.femina.co.id

Mekanisme pada Perbedaan Upah

Topik ini membahas terbentuknya upah yang disebabkan karena resiko kerja. Referensi tulisan ini sepenuhnya diambil pada buku karya George J. Borjas, Labor Economics, tahun 2000. Materi ini sebagai bahan kuliah pada Mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Manusia Ketenagakerjaan. Pertemuan ke 6.

Model kompetitif pada pasar tenaga kerja akan membentuk upah tunggal (single wage) jika di dalamnya terdapat pertemuan (Eq) antara titik poin pencari kerja (penawaran) dan pemberi kerja (permintaan). Berlaku juga pada pelaku substitusi maupun komplementer. Perbedaan upah terjadi pada pekerjaan yang terkategori membutuhkan skill khusus. Hal ini sudah dikenalkan oleh Adam Smith pada tahun 1776. Smith berargumen bahwa perbedaan pemberian upah muncul sebagai akibat perbedaan pekerjaan (spesialisasi).

Berdasarkan argumen Smith tersebut maka upah tidaklah sama antar pekerjaan. Ada lingkungan dan kondisis kerja juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam menetapkan upah. Sehingga muncul pertanyaan: faktor-faktor apa yang membentuk perbedaan upah pada pekerja?

Pasar untuk Pekerjaan yang Beresiko

Analisis ini dimulai bagaimana pemberian upah ini berlaku pada pekerjaan yang beresiko. Asumsinya bahwa pekerja memiliki informasi penuh tentang resiko kerja yang ia alami dan dapatkan dalam pekerjaan yang ia pilih. Sesuai dengan fungsi penawaran bahwa individu memilih untuk bekerja atau tidak, jika memilih bekerja maka pengetahuan atas resiko kerja yang akan dipilih menjadi kebutuhan utama. Pekerja seyogyanya mengetahui segala resiko pekerjaan yang ia lakukan, dan ini berdampak pada berapa upah yang akan diterima atas pekerjaan tersebut.

Pekerja peduli pada resiko pekerjaan dan atau pada keselamatan kerjanya. Dan tentu peduli pada upah yang ia akan terima. Kemudian dituliskan dalam rumus fungsi utility = f(w, risk of injury on the job). Hal ini dimaknai bahwa kepuasan atas pekerjaan dibentuk oleh fungsi upah dan resiko yang diterima saat bekerja. Marginal utilitas terhadap pendapatan pekerja berubah sejalan dengan perubahan. Asumsinya adalah pekerja memiliki kecenderungan untuk memilih (memiliki kepuasan)  upah tinggi walaupun resikonya juga tinggi. Hubungannya keduanya positif, searah dalam perubahannya.

Marginal utility ini memberikan perubahan utilitas pada hasil dari salah satu unit perubahan atas probabilitas perubahan tersebut, konstan pada perubahan pendapatan pekerja. Upah berbeda dengan pendapatan. Upah dimaknai sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukan dengan minimum waktu 1 jam bekerja. Upah dalam pengertian teori ekonomi yaitu pembayaran yang diperoleh berbagai bentuk jasa yang disediakan dan diberikan oleh tenaga kerja kepada para pengusaha. Upah uang adalah jumlah uang yang diterima para pekerja dari para pengusaha sebagai pembayaran ke atas tenaga mental atau fisik para pekerja yang digunakan dalam proses produksi.Upah riil adalah tingkat upah pekerja yang diukur dari sudut kemampuan upah tersebut membeli barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan para pekerja.

Sedangkan pendapatan adalah keseluruhan upah dan lainnya diluar upah yang diterima pekerja, biasanya dihitung selama satu minggu atau satu bulan. Asumsinya didasarkan pada resiko itu dirasakan buruk, sehingga marginal utilitasnya negatif. Namun, dengan adanya pengetahuan pekerja yang penuh atas resiko pekerjaannya, maka pekerja meminta upah sebesar dengan resiko yang ia dapatkan.

Diilustrasikan bahwa pekerja memiliki upah  dan bebas masuk pasar tenaga kerja (memilih pekerjaan yang aman), maka biasanya mereka memilih pekerjaan dengan tingkat keamanan. Jika tidak demikian, maka mereka boleh meminta upah yang tinggi, sebesar resiko yang ia dapatkan. Tetapi hal ini terdapat indifferent antara pekerjaan penuh resiko dan besarnya upah.

Semoga bermanfaat

rumahmediagrup.com/ Anita Kristina

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.