5 Resep Cemilan Untuk Menemani Belajar di Rumah

Pembaca, bagaimana pengalaman bersama anak-anak selama seminggu ini? Semoga masih semangat dan menjaga kesehatan, ya. Salah satu hal yang banyak diceritakan ibu-ibu selama diam di rumah ini adalah selera makan anak-anak yang seperti tak ada habisnya. Tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa ide cemilan yang enak dan tentunya sehat.

Salah satu cemilan yang mudah dibuat dan cukup mengenyangkan adalah kue bolu. Aih, bosan! Mungkin begitu komentar Anda. Eits, tunggu dulu. Coba simak variasi bolu di bawah ini, dijamin Anda dan anak-anak ketagihan.

Resep dasar untuk kue bolu sederhana saja. Sediakan empat buah telur, lalu timbang beratnya. Setelah itu, sediakan terigu, mentega dan gula dengan berat yang sama dengan berat telur. Jadi kalau keempat telur Anda beratnya 245gr, maka terigu, mentega dan gula yang harus Anda sediakan beratnya masing-masing 245gr juga. Selain itu sediakan juga tiga sendok makan susu cair, ekstrak vanila (bubuk atau cair), garam dan baking powder.

Mula-mula campur terigu dengan baking powder, garam dan vanila bubuk, sisihkan. Kocok gula dan mentega sampai putih, lalu masukkan telur satu-persatu. Ingat, jangan sekaligus, ya! Memasukkan telur sekaligus banyak akan membuat adonan pecah. Kalau anda menggunakan ekstrak vanila cair, masukkan sekarang. Jika telur sudah tercampur rata, hentikan mixer. Lalu masukkan campuran terigu, berselang-seling dengan susu. Aduk perlahan sampai rata, dan bolu siap dipanggang.

Nah, setelah mengetahui resep dasarnya, sekarang kita simak variasinya yuk!

1. Bolu Pisang.
Sediakan dua buah pisang yang tua. Pisang yang kulitnya sudah berbintik coklat paling baik. Lumatkan pisang dengan menggunakan garpu, lalu masukkan ke dalam adonan bergantian dengan terigu dan susu cair. Masukkan ke dalam loyang dan panggang hingga matang.

2. Bolu Lapis Apel.
Sediakan dua buah apel malang atau Granny Smith, kupas dan iris tipis. Tekan-tekan dengan serbet bersih agar tidak terlalu berair. Masukkan sepertiga adonan ke dalam loyang, lalu susun separuh irisan apel di atasnya. Tuangkan lagi sepertiga adonan, susun lagi irisan apel di atasnya. Sisakan beberapa iris yang bagus untuk hiasan. Tuangkan seluruh adonan, ratakan permukaannya. Hias dengan irisan apel, lalu panggang.

3. Bolu Keping Coklat
Keluarkan tiga sendok makan terigu dari takaran, ganti dengan tiga sendok makan coklat bubuk. Tambahkan satu cangkir butiran coklat (chocolate chips) setelah semua bahan tercampur rata, lalu aduk. Masukkan ke dalam loyang, panggang sampai matang.

4. Bolu Wortel.
Wortel di dalam bolu? Kenapa tidak. Ini cara mudah membuat anak-anak makan sayuran, bukan? Sediakan empat buah wortel berukuran sedang, kupas dan cuci bersih. Parut dengan parutan kasar, lalu masukkan ke dalam adonan berselang-seling dengan terigu. Panggang hingga matang. Dijamin anak-anak Anda tidak akan mengenali rasa wortelnya.

5. Cupcakes Mungil dengan Kejutan
Sediakan loyang cupcakes, alasi dengan mangkuk kertas. Masukkan satu sendok makan adonan, lalu tambahkan satu sendok teh selai strawberry. Tutup kembali dengan adonan. Anda dapat mengisi cupcake dengan berbagai isian, mulai dari parutan keju, selai coklat, selai kacang bahkan buah-buah kering. Panggang hingga berwarna kuning kecoklatan.

Bagaimana Pembaca, siap membuat kejutan untuk keluarga tercinta? Pasti mereka akan melahap kue-kue buatan Anda, karena dibuat dengan cinta di setiap adukan adonannya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.