5 Tips Atasi Kepanikan di Tengah Merebaknya Wabah COVID-19 di Indonesia

5 Tips Atasi Kepanikan di Tengah Merebaknya Wabah COVID-19 di Indonesia

Dunia sedang berduka. Wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona memakan banyak korban di berbagai belahan dunia. Saat ini keberadaan wabah COVID-19 mulai menggelisahkan warga negara Indonesia. Jumlah penderita yang meningkat dari waktu ke waktu membuat warga +62 mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona.

Infografis penyebaran wabah COVID-19 di dunia

Infografis penyebaran wabah COVID-19 di dunia

Kondisi ini diperparah dengan munculnya pemberitaan yang simpang-siur tentang virus Corona dan serba-serbinya. Dengan maraknya penggunaan sosial media di masyarakat, setiap orang bisa membuat wacana tentang COVID-19. Tak jarang hal ini justru memicu keresahan warga. Masyarakat dibuat panik akibat berita yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dalam kondisi yang pelik semacam ini, adakah secercah cahaya yang bisa membuat kita berpikir jernih di dalam kekalutan?

Tenang, berikut 5 tips untuk mengatasi kepanikan akibat wabah COVID-19.

1. Tuhan selalu bersama hamba-Nya

Berdoa dan berserah diri pada Tuhan sebagai upaya untuk meminta pertolongan dari-Nya

Berdoa dan berserah diri pada Tuhan sebagai upaya untuk meminta pertolongan dari-Nya

Ingatlah bahwa Tuhan selalu ada bersama kita. Dia jauh lebih dekat dari urat nadi kita sendiri. Mohonlah pertolongan kepada-Nya agar kita lulus dari ujian wabah ini. Mohonlah selalu perlindungan dari-Nya agar kita diberikan keselamatan dan kesehatan. Jangan lupa untuk memohon ampunan atas semua dosa-dosa kita selama ini. Ingatlah bahwa Tuhan Maha Pemurah. Dengan mengingat Kemahabesaran Tuhan, hati kita akan lebih tenang dan damai.

2. Tuhan tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan hamba-Nya

Ya, Tuhan tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan hamba-Nya. Karena itu, mohonlah kepadanya agar ujian/ bencana segera berlalu. Semoga kita dan keluarga diberikan keselamatan dan kesehatan. Semoga kita segera dapat beraktivitas seperti sedia kala.

3. Ora et Labora

Mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri adalah salah satu langkah efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19

Berdoa dan berusaha adalah dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan. Sebagai manusia, kita wajib berikhtiar untuk menjaga kesehatan kita. Lakukanlah langkah-langkah pencegahan sesuai dengan anjuran kementrian kesehatan. Selain itu, lakukan juga “pendekatan langit” guna memohon perlindungan dan pertolongan dari Yang Maha Kuasa. Dengan melakukakan ikhtiar dan berdoa, sesungguhnya kita sedang menjemput takdir baik yang Tuhan siapkan untuk kita.

4. Social (Media) Distancing

Bijak dalam menerima berita dari media sosial adalah salah satu cara menjaga kewarasan di tengah wabah COVID-19

Bijak dalam menerima berita dari media sosial adalah salah satu cara menjaga kewarasan di tengah wabah COVID-19

Dengan banyaknya media sosial yang ada di dunia maya, semakin banyak opini yang bisa diproduksi oleh siapa saja. Tak jarang, banyak juga yang berupa hoax atau berita bohong. Berita-berita semacam ini seringkali diterima mentah-mentah oleh masyarakat. Apalagi jika ditayangkan berkali-kali. Akibatnya, kita jadi mudah panik dan cemas melihat pemberitaan yang belum dipastikan kebenarannya.

Hm, sudah saatnya kita melakukan social media distancing. Caranya? Teliti dulu keabsahan dan kredibilitas sumber berita yang kita terima. Jika tidak jelas asal-usul sumber berita, maka sebaiknya abaikan saja.

5. Bersyukur atas Nikmat Tuhan

Bersyukur atas setiap anugerah Tuhan menjadi salah satu kunci menciptakan hati yang bahagia

Datangnya wabah dan musibah menjadi sebuah kesempatan emas untuk belajar bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Loh, kok bisa? Tentu saja, jika kita ingin Tuhan tambahkan nikmat-Nya pada kita. Selain itu, dengan bersyukur kita bisa terhindar dari stress.

Bersyukur membuat kita semakin menghargai karunia Tuhan, yang terkadang terlihat sangat sepele. Sebagai contoh, kita syukuri hingga detik ini masih diberikan kesempatan untuk bernafas, bisa makan dengan nikmat, terlebih jika kita sekeluarga diberikan nikmat kesehatan.

Mensyukuri karunia Tuhan membuat kita malu untuk mengeluh pada-Nya. Jika kita mau menghitung, sesungguhnya teramat banyak nikmat dan anugerah yang telah Tuhan berikan dalam kehidupan kita.

Demikianlah, 5 tips atasi kepanikan di tengah merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia. Semoga tips tadi bermanfaat untuk menumbuhkan optimisme dan semangat kita dalam menghadapi ujian dari Yang Maha Kuasa. Mari kita berdoa semoga badai ini segera berlalu. Kita semua diselamatkan dan diberikan kesehatan. Semoga kita bisa segera beraktivitas dengan lebih baik untuk menebar manfaat di bumi ini.

Sumber foto: pexels.com

rumahmediagrup/nuralfiy

2 comments

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.