Kisah Kimo Si Katak (Fabel)

Pagi berselimut mendung membuat udara semakin dingin. Tapi tak meyurutkan semangat Kimo, Kato, Kuca dan Kodi untuk bermain di tepi danau bersama teman-temannya.

Pagi ini keempat anak katak itu sedang berlomba lari. Disetiap permainan selalu Kimo yang memenangkannya. Kimo menjadi katak yang sombong.

Kimo katak yang selalu ingin jadi pemimpin. Kato katak yang sabar dan baik hati kepada semua temannya. Kuca katak yang paling kecil dan penurut. Sedangkan Kodi katak yang pendiam.

Hari ini Kimo mengajak teman-temannya untuk bermain ke tepi hutan. “Di sana kita akan bermain petak umpet, pasti seru!” ajaknya.

“Tapi bukannya kita dilarang untuk bermain ke tepi hutan. Terlalu jauh dari rumah dan banyak sarang ularnya,” terang Kato.

“Bosen main di sekitaran danau, gak bakalan juga ularnya muncul. Kalaupun ularnya muncul kita lari, pasti ular takkan bisa mengejarku. Mau ikut gak!” ujar Kimo dengan angkuhnya.

Kuca dan Kodi mengikuti di belakang Kimo. Namun akhirnya Kato mengalah juga, kemudian ia mengikuti teman-temannya.

Kimo, Kuca dan Kodi berlarian mereka berkejaran, dari kejauhan terdengar tawa dan canda mereka bertiga. Sementara Kato masih tertinggal namun ia dapat melihat dan mendengar suara teman-temannya dari kejauhan.

“Ayo Kuca, Kodi kejar aku!” teriak Kimo dengan gembira sambil sesekali melihat ketiga temannya yang masih tertinggal.

Kimo berhasil mendahului teman-temannya, tanpa sadar ia tak memperhatikan jalan di depannya. Tiba-tiba, brak!. Kimo terjatuh di sebuah lubang.

“Teman tolong aku!” teriak Kimo.

Hanya sekali Kimo berteriak setelah itu tak terdengar lagi suaranya. Teman-temannya berusaha mencari keberadaannnya namun sepertinya Kimo hilang begitu saja bak ditelan bumi.

“Berhenti teman-teman!” teriak Kato.

Kuca dan Kodi seketika berhenti berlari, ketiga katak tersebut terdiam dengan mata saling bertatapan. Mereka menyadari bahwa Kimo terperosok di lubang ular.

Gambar Ilustrasi : Koleksi Pribadi

rumahmediagrup/She’scafajar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.