Yoga itu Bikin Cantik

Yoga itu Bikin Cantik



Rabu malam bada isya adalah waktu me time saya. Me time yang benar-benar berkualitas untuk kebugaran tubuh. Saat itu waktunya kelas yoga.
Kelas khusus buat para perempuan.
Kenapa malam sih ambil kelas yoganya? Karena malam adalah waktu yang santai dan lebih nyaman.

Yoga adalah olahraga yang paling menyenangkan dan membuat cantik luar dalam menurut saya.
Ayoo … ada yang sepakat dengan tulisan saya?

Kelas yoga yang saya ikuti mungkin tidak seperti kelas-kelas yoga lain yang mewajibkan membernya harus menguasai semua gerakan. Kelas Hatha yoga yang dipilih lebih memfokuskan keseimbangan antara tehnik membetuk sikap tubuh dan teknik pernafasan. Keseimbangan antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah, tubuh bagian kanan dan tubuh bagian kiri, tarikan dan hembusan nafas, energi positif dan negatif.

Yoga buat saya harus sesuai dengan kemampuan dan kelenturan tubuh. Jangan memaksa tubuh melakukan gerakan yang tidak bisa dilakukan supaya terlihat sama bisanya dengan orang lain, karena reaksi tubuh seseorang akan berbeda dengan kondisi tubuh yang lain walaupun itu satu keluarga.

“Listen to your body” dengarkan apa kata tubuhmu, itu yang paling ditekankan instruktur yoga saya.

Namun yang jelas, semenjak saya mengikuti kelas ini tiga tahun yang lalu, fisik dan mental saya tetap terjaga baik juga seimbang, lebih fokus berkonsentrasi pada satu hal.
Pikiran saya selalu dipenuhi dengan hal yang baik dan positif. Postur tubuh juga tidak mudah melebar, lingkar perut juga mengecil dan bagian tubuh lain lebih singset.

Sstt … dalam olahraga yoga ada gerakan yang sangat penting dilakukan buat kaum perempuan untuk mengencangkan organ dalam kewanitaan. Bisa jadi yoga satu-satunya olahraga yang rajin saya kerjakan setelah berjalan kaki.

Manfaat lain yang saya rasa, badan lebih fit dan fresh. Kulit tambah cantik dan kencang serta organ bagian dalam lebih sehat. Yoga juga merupakan detoksifikasi untuk mengeluarkan racun lewat keringat yang cukup banyak keluar. Jangan salah ya , walaupun yoga itu gerakannya pelan dan terlihat mudah tapi aslinya cukup berat, butuh tenaga dan pernafasan yang kuat.

Ketika kelas yoga berlangsung, selalu diawali dengan gerakan duduk diam disertai mata tertutup. Sambil bernafas teratur masuk dan keluar lewat hidung, pikiran wajib konsentrasi dan tubuh harus rileks.
Di saat seperti ini, saya lebih suka sambil melantunkan dzikir dalam hati. Supaya hati tidak kosong dan diisi dengan energi positif.

Saya percaya, dalam kondisi apa pun, mengingat Allah itu akan membuat hati lebih tenang. Berdzikir akan membawa kepada kebaikan. Jadi siapa bilang yoga olahraga buat kaum yang malas bergerak dan tidak boleh di lakukan?
.
Dalam fatwa MUI yang dikeluarkan pada tahun 2009, terdapat tiga keputusan mengenai aktivitas yoga, yaitu:

1.Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.

2.Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sad al-dzari’ah).

3.Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).

rumahmediagrup/irmasyarief

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.