Menata Diri

Orang beranggapan bahwa rumah lah yang ditata sedemikian rupa. Ini tidak salah agar semua anggota keluarga nyaman tinggal di rumah. Selain itu rumah dapat dijadikan tempat istirahat yang berkualitas. Misalnya pada saat darurat seperti sekarang ini. Pemerintah memerintahkan untuk tinggal di rumah.

Rumah yang ditata dengan cantik dalam situasi bagaimana pun tetap akan menjadi tempat yang paling menyenangkan. Semuanya dikerjakan di rumah. Bekerja, belajar, bersosialisasi dan beribadah bersama.

Pun dengan diri masing-masing, tata lah segala sesuatunya. Pola berpikir, pola tidur, dan pola makan harus menjadi prioritas penataan.

Orang yang pola berpikir bagus akan menghasilkan energi positif untuk dirinya sendiri, keluarga, dan juga orang lain. Sebaliknya orang yang pola berpikir ke arah negatif atau buruk, kelihatan mukanya saja sudah tidak nyaman. Apa lagi jika mendengar ucapannya. Kening bisa berkerut. Ayolah berpikir positif sebagaimana agama Islam untuk berprasangka baik terhadap semua peristiwa. Pikiran jadi rileks.

Tidur sepertinya sepele tidak perlu penataan. Ini keliru. Usahakan pembagian waktu tidur proporsional. Enam hingga tujuh jam itu cukup untuk mengembalikan kesegaran jasmani. Terlalu banyak tidur, ini sungguh tidak baik. Dapat menjadi pemicu timbulnya sakit kepala dan merembet ke penyakit lainnya.

Pola makan merupakan bagian dari cara menata diri. Orang yang pola makannya sehat akan mempunyai daya tahan tubuh yang bagus, cenderung kebal. Usahakan apa yang dimakan memenuhi kebutuhan protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Tak perlu berlebih dan mewah, yang penting mencukupi gizi seimbangan.

Mari menata diri untuk dapat tampil menawan kapan dan di mana pun. Caranya sederhana bukan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.