5 Cara Atasi Gugup Panggung ala Lithaetr

5 Cara Atasi Gugup Panggung ala Lithaetr

Assalamualaikum pengunjung web rumah media.

5 Cara Atasi Gugup Panggung

MasyaAllah, Alhamdulillah bisa diberikan kesempatan bisa menulis di sini. Saya terbilang masih baru di dunia kepenulisan, tapi Allah sudah memberikan banyak kesempatan dan kemudahan, salah satunya bisa berbagi ilmu dengan menjadi trainer via online maupun offline.

Sempat ada yang bertanya, bagaimana sih, caranya agar tidak gugup berbicara di depan umum? Akhirnya saya memutuskan untuk berbagi tipsnya, di sini.

1. Memohon Kemudahan dari Allah dan Meminta Pendapat kepada Orang Terdekat

Setiap saya ditawari untuk mengisi di sebuah acara, biasanya saya meminta waktu untuk bepikir dan merenung, apakah saya mampu mengisi bahasan tersebut. Jadi, biasanya saya meminta petunjuk kepada Allah dan bertanya ke orang-orang terdekat, setelah saya merasa yakin serta mampu, saya baru menerima tawaran tersebut.

2. Menyiapkan materi dengan ATM

Materi dibuat dengan Teknik ATM

Mempersiapkan materi agar kita menguasai hal-hal yang kita bicarakan ini penting. Tentu saja teknik atm (amati, tiru, dan modifikasi) bisa digunakan. Bacalah sebanyak mungkin referensi, setelah itu pilihlah hal-hal yang cocok dengan bahasan kita, dan tulislah ke dalam sebuah poin-poin khusus.

3. Berlatih berbicara sendiri

Poin ketiga ini salah satu poin penting bagi saya. Saya berusaha agar saya rileks ketika berbicara nanti, maka saya perlu berlatih. Saya biasanya berlatih di kamar mandi, dapur, depan cermin, dan saat anak-anak sudah tidur di malam hari.

4. Datang lebih awal ke lokasi

Saya merasa tenang jika saya mengetahui kondisi, lokasi, suasana, dan tata letak, tempat saya akan membawakan materi. Setelah saya melihat dan sedikit mencoba praktek di dalam ruangan yang akan dibawakan nanti, saya akan merasa percaya diri. Makanya kalau mau seperti itu, saya perlu datang lebih awal ke lokasi.

5. Berbicaralah seperti kepada teman

Berbicara seperti Teman

Yang bikin kita tegang, terkadang karena tidak kenal dengan orang yang kita ajak bicara. Makanya agar menghindari hal itu, saya berusaha basa-basi dengan melakukan perkenalan-perkenalan ringan dengan orang-orang yang hadir di acara training tersebut.

Itulah 5 Cara Atasi Gugup Panggung ala Lithaetr. Semoga bisa bermanfaat dan diaplikasikan ya, sob. Terima kasih.

Sumber: https://bit.ly/No-grogi-alaLithaetr

rumahmediagrup/lithaetr

4 comments

    1. MasyaAllah . Terima kasih atas pertanyaannya mba. Saya mengatasinya biasanya latihan sebelumnya di lokasi mba. Dengan datang lebih awal, bisa sedikit pemanasan dengan berbicara sendiri dulu. Kemudian saat mulai ada peserta sempatkan berkenalan mba. Semakin nyaman dengan lokasi dan peserta biasanya menghilangkan kegugupan

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.