Tim Ayam Obat

Tim Ayam Obat

Beberapa minggu yang lalu saya mengalami gejala flu, batuk, dan demam.

Rasanya? Wiihh … engga enak!


Maunya tiduran berselimut hangat. Tidak perlu ingat cucian baju kotor. Tapi apa daya tuntutan alam lebih kuat dari impian. Saya ‘kan di rumah tidak memakai jasa asisten. Semua dikerjakan berdua dengan si belahan jiwa.

Sakit saya mungkin dampak cuaca yang basah dan dingin akibat hujan terus menerus. Di tambah kondisi tubuh yang kelelahan karena sering bolak balik ke luar kota. Dalam seminggu kemarin sudah empat kali saya ke Bogor dan Subang menengok anak-anak di boardingnya.

Teman Chinese saya yang tinggal di Kelapa Gading datang menengok. Sempat badan saya diurutnya. Bahkan dia rela mondar mandir Kelapa Gading-rumah saya cuma sekedar bawa obat herbal ramuan cina. Salahsatunya ramuan herbal tim ayam obat.


Ramuan ini pavorit keluarga kami semenjak 15 tahun yang lalu.
Ya, semenjak kami mengenal teman Chinese ini.

Saya memanggilnya Cici Yanti. Usianya jauh diatas saya. Seumuran Pak suami. Anak-anak menyebutnya Tante Yanti. Orangnya sangat baik dan royal. Seorang keturunan Cina kaya yang tidak mau hidup hanya menyandarkan diri pada warisan limpahan orang tuanya. Seorang Cina yang lebih suka berbaur dengan bangsa pribumi dan hidup sederhana.

Ci Yanti ini awalnya guru privat pelajaran matematika anak-anak saya semenjak SD. Anak-anak saya menyukainya. Karena selain belajar, mereka sering di beri hadiah jika bisa menyelesaikan tugas. Pelajaran matematika dikuasai dengan baik. Ci Yanti lulusan sarjana matematika USU. Keluarga besarnya semua tinggal di Medan.


Lambat laun hubungan guru-murid berubah menjadi hubungan keluarga. Rumah saya menjadi rumah kedua buatnya.

Oh iya, kembali ke ramuan obat tim ayam ya. Manfaatnya? Banyak!
Coba deh googling.

Cara buatnya sih gampang banget.
Saya hanya memasukan ayam kampung yang sudah dipotong-potong berikut ramuan tim ayam ke dalam panci. Kecuali gojiberry di masukannya terakhir. Lalu air matang secukupnya jangan lupa. Kalau saya airnya cukup banyak karena yang disukai anak-anak itu kuahnya ketimbang daging ayam kampungnya. Boleh ditambah garam dan jahe iris. Masak dengan api yang sedang agar matangnya merata dan ramuan herbalnya meresap.

Bahan ramuan herbal tim ayam yang saya tahu isinya ada biji longan/lengkeng kering, akar ginseng, gojiberry/kinci, biji teratai, korma cina/angco, tongsem yang bentuknya seperti potongan kayu, tongkuy rasanya sedikit pahit, dan kamco yang harum. Kamco dan tongkuy bentuknya mirip kulit kayu. Waisan seperti potongan ubi putih kering, paki dan cuangkung. Biasanya dalam satu paket tim ayam itu ada sekitar 8 sampai 12 jenis herbal. Saya sedikit tahu nama tanaman obat ini karena ditunjukan oleh Ci Yanti.

Citarasanya?… sedap bangeet!

Air rebusan herbal khas rempah bercampur kaldu ayam panas yang gurih terasa lumer di lidah. Aroma gojiberry asam manis terhirup segar di hidung. Akar dan batang yang bisa dimakan terasa lembut ketika digigit.
Ayam kampung yang memiliki serat sedikit liat dan tidak cepat empuk justru membuat sensasi menyesap air dalam daging terasa nikmat. Tidak perlu penyedap rasa tambahan. Karena campuran daging ayam kampung dengan herbal ini menghasilkan cita rasa dasar kelima yaitu umami atau gurih.

Biasanya jika sudah menyeruput air dari tim ayam herbal ini, badan terasa segar dan stamina kembali pulih. Bagus untuk kekebalan tubuh. Untuk yang memiliki keluhan sakit encok, pegel linu, kelelahan,vertigo bahkan untuk yang lemah syahwat pun bisa dirutinkan mencoba resep ini.

Hasil optimal yang akan dirasakan tubuh jika kita rajin mengkomsumsi tim ayam obat ini 2-3 kali dalam seminggu.

Efek sampingnya?
Dompet cepat menipis karena bahan herbal tim ayam ini cukup mahal untuk paket sekali makan atau satu porsi ayam satu ekor. Tergantung banyak tidaknya jenis tanaman obat yang dipakai. Kisaran 25 ribu sampa 75 ribu. Belum termasuk harga ayam kampung satu ekor yang berukuran sedang.

Poto herbal sebelum di masak dan tampilan setelah di eksekusi saya ambil dari instagram ya. Hasilnya sama kok dengan apa yang sering saya masak. Rencana besok saya akan minta pak suami mencari ayam kampung yang masih hidup dan langsung dipotong sebelum di masak.

rumahmediagrup/irmasyarief

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.