Jilbab, Mengapa Engkau Harus Lebar

Jilbab, Mengapa Engkau Harus Lebar

Wanita, ia begitu istimewa dalam islam, ia dimuliakan hingga laki-laki pun diperintahkan untuk menundukan pandangan.

Di balik kemuliaan yang Allah berikan kepada seorang perempuan tentu saja ada aturan yang harus dikerjakan. Salah satunya yaitu wajibnya menutup aurat. Dalam Alqur’an surah Al-Ahzaab ayat 59, Allah berfirman:

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke suluruh tubuh mereka!.. “

Sahabatku, berjilbab itu wajib sama wajibnya dengan sholat. Berjilbab adalah perintah langsung dari Allah tidak peduli dia berakhlak baik atau buruk. jangan mencari pembenaran dengan kalimat, ” Buat apa berjilbab kalau akhlaknya masih buruk, hatinya masih busuk.” Karena sungguh jilbab dan akhlak adalah dua hal yang berbeda. Berjilbab adalah perintah langsung dari Tuhan, bukan perintah dari suami, ulama, ataupun orang tua. Sedangkan akhlak adalah sifat, baik buruknya tergantung orang itu sendiri.

Jadi jangan nunggu baiknya hati baru berjilbab syar’i. Iya kalau hatinya segera baik, kalau nggak, mau nggak berjilbab sampai mati? Dulu saya pun seperti itu. Saya beranggapan bahwa jilbab hanya dipakai mereka yang baik hati dan berilmu agama tinggi. Sampai akhirnya Allah berikan hidayah bahwa jilbab itu wajib bagi setiap muslimah.

Terkadang jilbab juga menjadi benteng diri untuk tidak berbuat dosa. Karena biasanya jika akan melakukan hal buruk di dalam hati pasti seperti ada yang menasehati “ Masa kamu mau melakukan hal ini, malu lho sama jilbabnya.” Dan hal seperti itu mampu menjadi senjata untuk tidak berbuat dosa.

Bagaimana jilbab dan pakaian seorang perempuan pun sudah Allah tentukan. Tugas kita mengimani dan mengerjakan. Allah menyuruh kita berpakaian longgar dan berjilbab lebar. Jangan sampai berjilbab tapi telanjang, jangan pula berpakaian yang transparan. Allah memerintahkan kita untuk menutupi dan melindungi diri dari laki-laki ajnabi.

Bantulah mereka untuk menundukkan pandangan, bukan malah mencari perhatian dengan pakaian yang seksi.

Shalihah, syariat Allah dibuat bukan untuk mengekang apalagi menghinakan. Itulah cara Allah memuliakanmu, agar tak semua orang bisa melihat keindahan tubuhmu dan tak semua orang bisa menikmati kecantikanmu.

Kamu itu istimewa tapi kamu juga bisa menjadi mayoritas penduduk neraka. Maka, jadilah muslimah yang sami’na wa atho’na, kami mendengar dan kami taat. Agar kelak di akhirat kita selamat. Banggalah dengan jilbab lebarmu. Dan semoga dengan ketaatanmu kepada Rabbmu mampu mengantarkan rahmat Tuhanmu.

Oleh: Rumahmediagrup/Vita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.