Tips Mudah Berbicara Bahasa Inggris (bag.1)

Tips Mudah Berbicara Bahasa Inggris  (bag.1)


Jika Anda Seorang Pembelajar Bahasa Inggris, Anda Harus Baca Ini:

1. Berpikirlah Dalam Bahasa Inggris.


Kadang-kadang hal yang sulit dalam berbicara kedalam bahasa yang baru bukanlah sesulit bahasa itu sendiri, tetapi adalah bagaimana anda memikirkan tentangnya.

Jika anda berpikir dalam bahasa asli anda dan kemudian mencobanya kedalam bahasa Inggris, anda akan selalu harus menerjemahkan diantara dua bahasa tersebut.

Menerjemahkan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan!. Bahkan  seseorang yang lancar dalam dua bahasa atau lebih, tetap mempunyai kesulitan dalam mengganti kata diantara dua bahasa tersebut.

Solusinya adalah berpikir kedalam bahasa Inggris. Anda bisa melakukan hal ini dimana saja, kapan saja. Cobalah untuk menggunakan bahasa Inggris ketika anda sedang memikirkan tentang keseharian anda, atau ketika anda sedang mencoba menentukan makanan apa yang anda pesan. Juga mencoba menggunakan bahasa Inggris dengan kamus berbahasa Inggris, untuk mencari kata-kata. Anda akan mendapati bahwa ketika anda berpikir kedalam bahasa Inggris, lebih mudah bagi anda berbicara bahasa Inggris.

2. Berbicaralah Pada Diri Anda Sendiri.


Ketika anda di rumah (atau sendiri dimana saja) anda bisa melatih bahasa Inggris anda dengan seseorang yang menjadi favorit anda, ya anda sendiri.

Jika anda sudah berpikir dalam bahasa Inggris, cobalah ucapkan, anda berpikir sambil bersuara. Membaca sambil bersuara. Berlatih tetap berlatih, dan bahkan jika anda tidak ada seseorang untuk mengoreksi kesalahan berbicara anda, maka tetap berbicara dengan bersuara, akan membantu anda lebih ‘pede’, nyaman dalam berbahasa Inggris.

3. Gunakan Cermin.


Kapanpun anda bisa, gunakan beberapa menit dari waktu anda untuk berdiri di depan cermin dan bicara. Pilih topik, atur timer selama 2 atau 3 menit dan bicaralah.

Poin dari latihan tadi adalah untuk memperhatikan mulut anda, wajah dan bahasa tubuh anda ketika abda bicara. Ini juga menjadikan anda merasa seperti sedang bebicara dengan seseorang, jadi anda bisa berpura-pura sedang berdiskusi dengan seorang teman belajar.

Bicaralah penuh selama 2 atau 3 menit. Jangan berhenti!. Jika anda terhenti pada kata yang anda tidak tau (apa bahasa Inggrisnya), cobalah Ungkapkan ide anda dalam cara yang berbeda. Anda bisa selalu mencari kata yang sulit tadi setelah 2-3 menit berakhir. Hal ini pastinya akan membantu anda menemukankata-kata seperti apa yang anda rasa sulit tadi.

4. Fokus Pada Kelancaran Bukan Pada Tata Bahasa

Ketika anda berbicara bahasa Inggris, seberapa sering anda berhenti?. Semakin sering anda berhenti, anda terdengar semakin kurang percaya diri, dan menjadi kurang nyaman juga. Cobalah latihan dengan cermin diatas, hanya tantanglah diri anda sendiri berbicara tanpa berhenti atau menjadi gagap (sempat terhenti diantara kata-kata anda) sepanjang waktu latihan anda.

Ini bisa berarti bahwa kalimat-kalimat anda tidak akan sempurna secara gramatikal, tidak masalah!. Jika anda fokus pada berbicara dengan lancar selain dari pada dengan benar, anda masih akan dipahami dan anda akan terdengar lebih baik. Anda bisa memperbaiki tata bahasa dan aturan-aturan kata yang tepat sepanjang anda mempelajarinya dengan lebib baik.

(Bersambung)

rumediagrup/isnasukainr

2 comments

  1. Tambahan: rajin menonton tayangan berbahasa Inggris untuk menambah kosakata dan mempelajari pelafalan yang benar. Sebaiknya konsisten. Kalau mau American English, jangan pindah ke British sampai relatif lancar.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.