Cerita Segar Sesegar Es Serut yang Disajikan di Siang Hari Saat Ramadan.

Tahukah kamu apakah itu teks Anekdot? Teks anekdot itu merupakan teks yang menceritakan kisah lucu berisi sindiran atau kritikan untuk menyindir atau mengritik orang atau seseorang agar orang yang dimaksud tidak tersinggung.

Menjaga perasaan atau menjaga hati orang agar tidak tersinggung tujuannya baik. Bisa jadi menjaga agar orang tidak marah. Namun apakah maksud tersebut akan tepat sasaran?

Betul sekali, itu akan tepat sasaran jika orang yang disindir paham bahwa ia yang dimaksud. Bagaimana kalau yang dimaksudkan tak memahami? Malah tak membaca teks atau pengumuman tersebut.

Bisa jadi teks Anekdot tersebut menjadi tidak tepat sasaran. Seseorang yang disindir akan tetap berlaku atau berbuat sekehendaknya karena ia merasa masih di jalur normal. Padahal ia tak menyadari bahwa ia lah yang dituju.

Di sisi lain, akan ada pihak yang merasakan tidak nyaman bila sindiran seperti itu disampaikan tidak tepat sasaran. Malahan akan timbul, rasa prasangka siapakah yang seperti itu. Siapakah yang dimaksud? Akan banyak pertanyaan di benak masing-masing orang.

Namun dilihat dari definisinya teks Anekdot itu berisi kisah lucu atau cerita lucu, bagaimana kalau ia tak lucu? Apakah masih dikategorikan teks anekdot? Atau bukan? Namun berisi menyindir. Bagaimana Anda menilainya? Teks Anekdotkah atau bukan?

Lalu bagaimana dengan kisah atau cerita yang lucu namun tak menyindir atau mengritik? Masihkah dikategorikan teks anekdot?
Apa perbedaannya dengan cerita humor? Apakah humor termasuk cerita anekdot?

Mari kita tengok ulang teks anekdot itu kembali. Buka kembali buku bahasa Indonesianya. Buka kembali kamusnya, carilah definisi sebenarnya apa? Ayo bersama-sama kita renungkan 😁😁

rumahmediagrup/suratmisupriyadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.