Betawi Sonoan Dikit

Bagian 7

Gayatri dan Murtado nampak senang. Mereka berdua banyak berharap bahwa semua sahabat Romy dapat membangkitkan semangat Romy untuk melawan sakit nnyang sedang dialaminya.

“Kami permisi mau menengok Romy duluan. Kalian bisa menunggu untuk menengoknya nanti”, kata Gayatri sambil menuju ruang di mana Romy terbaring.

Emon, Dinda dan Seno masuk menemui Romy ketika orangtuanya sudah pulang. Terlihat Romy nyengir sambil nahan rasa sakit lantaran kaki kanannya diperban dari dengkul hingga mata kaki. Jahil aja Emon mencolek balutan perban nyang mirif mumy itu.

“ Adawwww…gila luh Mon…udah tau gue lagi sakit..”, hardik Romy

“Gue gatel aja liat kaki luh, gue kira singkong gantung Purwakarta”, sahut Emon sambil berusaha ngingsed deketin Romy.

“Eh…nyadar ngapah luh, badan bongsor kaya dodol pake ngerangsek mau duduk lagi, kejepit gue nih tau..”, Romy makin jengkel

“Sorry…sorry Bro…”, sahut Emon sambil nyengir.

“Romannya kaki luh parah juga tuh, Rom”, kilah Seno

“Tapi ga papah kan, Rom? Kaki luh baik-baik aja”, gusar Dinda.

Dinda memang selalu begitu, kalo ngomong selalu dengan perasaan. Namanya juga perempuan. Selain itu, Dinda juga sebenarnya suka sama Romy. Namun jujur saja dia nggak berani untuk mengutarakan perasaan itu lantaran Romy sudah melabuhkan cintanya pada Puspa. Dinda sadar benar bahwa banyak pertemanan hancur gara-gara sahabatnya saling mencintai. Hmm..sinetron banget deh. Makanya Dinda lebih suka membiarkan rasanya itu tulus sebagai sebuah persahabatn melalui perhatian nyang diberikan pada Romy. Disaat Romy mengalami situasi seperti sekarang ini, peran Dinda sangat diperlukan. Setidaknya untuk memberikan motivasi dan percaya diri Romy untuk bangkit lagi dari kegalauan.

“Gue baik-baik aja, koq. Nih luh liat aja gue bisa gerakin kaki gue..”, kata Romy sambil meringis.

Aduh..sakitnya kaga tahan. Bujug dah…Romy lupa kalo dokter melarangnya untuk nggak banyak bergerak. Lantaran pasang aksi di depan temannya, Romy kelebihan eksen. Rasain aja luh kesakitan.

“ Sakit ya Rom?” tanya Dinda halus

Romy hanya senyum.

“Sakit ga…”, hardik Emon sambil keplak kaki Romy

Romy menjerit lagi. Kejer. Buru-buru Seno mengeplak tangan Emon.

“Emon..udah tau Romy lagi sakit, masih aja dibecandain!”, marah Seno

“Sorry Ne…gue cuman ngetes doang”, sahut Emon tanpa dosa.

Begitu. Penuh canda. Namun nyang terpikir didalam kepala Romy adalah ketakutan. Takut kakinya akan lumpuh atau kalo fatalnya harus dipotong. Karena informasi nyang dia dengar dari dokter, ada bagian tulang keringnya nyang retak. Romy tertegun.

***

Fatimah sedang nyiramin kembang di depan gejogan rumahnya. Anak perawan Babeh Mahmud ama Nyak Romlah itu emang terkenal rajin dan telaten. Tetangga udah tau banget kalo Fatimah itu gadis nyang baik dan solehah. Mangkanya banyak orangtua nyang pengen banget jodoin anak bujangnya buat jadian ama Fatimah. Di teras belah sononya, belah lor, Babeh Mahmud lagi asyik gosok batu cincin pake keraras alias  daon pisang nyang kering. Kata orang itu bisa bikin batu cincin makin mengkilap, makin mlisner. Enggak tau sejak kapan Mahmud jadi hobi malein batu cincin. Emang sih belakang nih, orang lagi pada heboh ama batu cincin lantaran liat berita TV ditemuin situs penggalian batu cincin di daerah Tangsel. Udah masyarakat kayak laron selabutan nyariin batu ampe kepojok-pojok giwingan. Kaga boleh liat nyang nrilep dikit langsung dikira batu cincin. Tapi, Mahmud mah beda. Batu cincin nyang dipunyain merupakan warisan engkongnya. Bukan sembarang batu cincin. Bukan batu cincin biasa. Batu cincin tuh ada namanya, Kinyang Badur , kalo dah kenyang langsung tidur. Ada juga beberapa nama batu cincin nyang super unik, ada duri bulan, badar lumut, combong, tapak jalak, gading asem, dan lain-lain. Terserah aje siapa nyang mau kasih nama. Emang batu cincin mah kaga punya emak bapak.

Firman muncul dari balik pager bikin kaget Fatimah. Rupanya Firman sudah dari tadi ngintipin Fatimah. Firman – bujangan asal Padang itu emang udah lama akrab sama keluarga Babeh Mahmud. Firman pasien Mahmud. Lelaki nnyang kaga mau dipanggil Uda itu lebih suka dipanggil Abang, kata Firman supaya lebih Betawi. Ahai..ada-ada aja Uda Firman.

“Neng Fatimah…”, suara Firman ngagetin

Fatimah ampe ngeronjat karena kaga tau slonongboy Firman nongol.

“Eh maafin abang udah bikin Neng Fatimah kaget…”, sambung Firman sambil tetep liatin rada pangling.

“Masih inget ama bang kaga nih?”, Firman nyeletuk lagi

“Bang Firman kan..??”, kata Fatimah ragu-ragu dikit.

Emang Fatimah rada lama juga kaga ngeliat Firman. Namun Fatimah masih hafal lagunya lelaki nyang satu nih, suka caper.

“Alhamdulillah..syukur deh kalo Neng Fatimah masih inget mah, kirain dah lupa..”, jawab Firman bahagia.

“Bang Firman mau ketemu Babeh yah, tuh Babeh ada di teritipan..”

“Kaga..eh..bukan, abang mau ketemu Neng Fatimah koq..”

“Biasanya juga abang nyariin Babeh..”

“Heiii…sini luh Firman, laguan lagi godain anak perawan gue!!!” suara Mahmud lantang. Padahal batang idungnya kaga nongol.

“Tuh kan Babeh dah manggil. Dah sonoh temuin Babeh..”

“Yah..Neng Fatimah, baru aja Abang ketemu dah diusir pergi..” sahut Firman galau sambil ngeloyor nemuin Mahmud.

Fatimah senyum. Dalam hatinya Fatimah merasa bebas kaga digodain lagi sama Firman. Padahal Firman menurut Fatimah juga lelaki nyang baik. Orangnya sopan, taat beribadah dan hormat sama kedua orangtuanya. Firman – lelaki asal Sumatera Barat itu emang dah lama tinggal di kampung Legok. Dia pinter main sepak bola. Kalo keluarganya sih udah pasti usahanya, buka Warung Nasi Padang. Jualannya lumayan rame dan laku. Masakannya enak, harganya murah…

Bersambung…

Majayus Irone/Budayawan/Rumahmediagrup.com/Novel Budaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.