e-Rapor, Guru harus Melek IT

Perkembangan teknologi semakin meluas di segala bidang termasuk di bidang pendidikan. Apalagi sekarang ini kita sudah memasuki revolusi industri 4.0, yaitu perkembangan teknologi yang mengarah pada otomatisasi dan pertukaran data terkirim secara mudah dan cepat mancakup sistem cyber. Beberapa contoh diantaranya ada e-tol kalau mau bayar tol, mau daftar laporan pajak harus lewat e-filling, ada e-book dan sebagainya yang semuanya bisa dikerjakan secara cepat dengan pemanfaatan teknologi.

Dalam dunia pendidikan pun sekarang kita mengenal e-Rapor yaitu laporan hasil pendidikan para siswa yang prosesnya secara daring dan tak lagi ditulis tangan. Apalagi di masa pandemik seperti sekarang ini pemanfaatan teknologi benar-benar sangat diperlukan di saat semuanya harus kerja dari rumah. 

Namun dalam prosesnya ternyata tak semudah yang dikira. Faktor sumber daya manusia menjadi salah satunya. Seperti yang terjadi di sekolah tempat saya bekerja.  Di saat ada pembatasan sosial dan semuanya harus mengerjakan e-rapor untuk kelas 9, ada beberapa guru yang tak mengindahkan anjuran kerja dari rumah  dengan alasan yang beragam. Ada yang alasan ga bisa karena gaptek, ada yang alasan ga ada sinyal dan kuota, ada juga yang alasan biar bisa saling membantu kalau dikerjakan bersama-sama di sekolah. Karena memang biasanya kami mengerjakan e-Rapor di sekolah secara serempak jika situasainya tidak seperti sekarang. Akhirnya ada dua kubu yang mengerjakan e-Rapor tahun ini. Sebagian ada yang kerja dari rumah dan sebagian ada yang bekerja di sekolah. Bagi mereka yang mengerjakan e-Rapor di sekolah tentu saja duduknya harus jaga jarak.

Melihat kenyataan yang demikian ternyata perkembangan teknologi yang merambah semua bidang termasuk dunia pendidikan harus didukung dengan sumber daya manusia yang siap pakai. Dalam hal ini guru sebagai salah satu faktor SDM dunia pendidikan dituntut untuk melek IT. Jangan segan untuk belajar kalau merasa  gaptek. Guru harus lebih pintar daripada muridnya. Tak ada kata terlambat bagi yang mau belajar karena tuntutannya memang harus serba bisa di era globalisasi ini. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.