Kongkow Cerdas : Aki Maja dan Kong Usman

CULIK

Aki Maja lagi impleng aja. Tegereh-gereh. Beberapa ari ini dia keliatan gusar karena slempang anak cucunya di culik orang jahat. Maklum berita dari sosmed lagi rame ngomongin soal penculikan yang sedang merajalela. Dari berbagai daerah dikabarin udah banyak bocah nyang ilang diculik. Bahkan dibeberapa sekola banyak orangtua nyang rela nungguin anaknya dari mulai pagi ampe sekola bubar. Jadi pegawean aja. Tapi…namanya juga ama anak pasti sayangnya kaga ketulungan. Apapun dibelain mati-matian. Anak ibarat inten permata nyang harganya mahal. Mungkin lebih mahal dari Tugu Monas.

            Aki waspada. Selalu curiga kalo liat orang nyang kaga dikenal. Dan… ketika Aki mau keluar rumah sekelebat sosok. Jangan-jangan ini penculik?. Aki buru-buru nuju dapur ngambil parang. Pelan-pelan dia jalan ngendap-ngendap kearah pintu dimana tadi sekelbat sosok melintas. Kaga guah kasih ampun kali ini mah! Pikir Aki sambil matanya tajam perhatiin keluar. Pintu ng-greot kayanya didorong orang. Aki sigap dan…gubrak. Pletak!!! Jotosan Aki mendarat dijidat sosok tersebut. Sosok itu rungkag. Sambil teriak….”Adaaaaau, gila luh yeeeh, jidat guah lu jotos!”. Ternyata Kong Usman kesungkur dilator.

            “Bujug dah…guah kira luh siapa. Kirain culik”, teriak Aki sambil bangonin Engkong.

            “Culik papa luh bejad. Emang luh kaga bisa bedain mana culik mana guah? Dasar mata luh kotok!”, sumpah serapah Kong Usman sambil terregeg bediri. Palanya berasa puyeng. Dia jerungkungan. “Laen kali liat-liat dulu ngapah, Ki. Jangan maen berih aja. Benjol dah jidat guah nih, lanjut Engkong sambil ngusapin jidatnya nyang nonjol segede baso Komsen.

            “Iya, maafin guah, Kong. Guah pikir luh culik, makanya langsung guah beri”, kilah Aki sambil nahan tawa ngeliat jidat Engkong nyang bejol.

            “Guah mampir ke rumah luh justru guah mau kasih kabar kalo karang banyak culik. Takut luh belon tau. Kan cucu-cucu luh banyak tuh. Bandel-bandel lagi, kalo maen ngelantonya amp eke Pekayon”, jelas Engkong sambil duduk di bale dan meringis.

            “Makasih kalo luh udah peduli ama guah mah. Emang karang santer bangat kabar banyak culik. Tapi seinget guah, kalo jaman kita kecil mah culik itu naek motor nyang gambarnya gunting. Atau naek kapal gaet..”, kata Aki coba ngingetin masa lalunya.

            “Itu mah jaman dulu, Ki. Karang mah culik pada pinter. Ada nyang belaga jadi sales, jadi tukang jajanan, jadi tukang rongsokan, jadi bos…jadi apa aja dah, nyang penting bocah pada ketarik ama rayuannya. Itu nyang bikin guah slempang”,kata Engkong lagi sambil selonjor.

            “Omong-omong cucu luh sapah nyang jemput di sekolah?”, tanya Aki makin gusar.

            “Ada emaknya bocah nyang nungguin”, sahut Engkong sambil mainin gelang antic ditangannya. Mata Aki tertarik dengan warna gelang ditangan Engkong. Dia maen rambet saking penasarannya.

            “Luh pake gelang apaan ini, Kong? Bagus banget..”, tanya Aki kemudian.

            “Oh…ini gelang anti culik..”, sahutnya sambil nyombong.

            “Anti culik gimana maksud luh?”, Aki makin penasaran.

            “Ini gelang ada sensornya. Biasanya dipasang di mobil rental supaya kaga dicong orang. Kalo pun di colong dapat kedeteksi dimanapun berada. Kaya di film detektif gitu”, kata Engkong begaya James Bond 007. Detektif asal Inggris nyang kesohor itu.

            Aki maja ketawa ngakak ampe keluar air mata saking gelinya kaga bisa nahan tawa.

            “Tua Bangka kaya luh dipakein sensor anti culik? Lagian sapah juga nyang mau nyulik Aki-Aki dagingnya juga pait”, kelakar Aki sambil terus ketawa. Engkong terdiam ngejegleg. Iya juga sih, mana ada culik mao sama kakek-kakek?

            “Bener kata luh, mendingan kita jemput cucu kita di sekola nyok…!!!”, Engkong langsung empron.

            “Eh…tunggu…guah juga ngikut”, sahut Aki sambil ngmpreg ninggalin rumah.

Aki dan Engkong jalan seperti lari takut cucunya keburu dijemput culik.

Majayus Irone/Budayawan/Rumahmediagrup.com/Cerpen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.