Sapi dan Keunikannya

Sapi Dan Keunikannya

(Seri Ensiklopedia Hewan yang Menjadi Nama Surat Dalam Al-qur’an)

Endah Sulistiowati

Al-baqarah adalah surat kedua dalam Al-qur’an. Al-baqarah masuk golongan surat madaniyah, terdiri dari 386 ayat, menempati juz 1, juz 2, dan sebagian juz 3, serta Al-baqarah menjadi surat yang terpanjang Al-qur’an. Waow, siapa nih yang sudah hafal surat Al-baqarah? Kalau kakak sih hafal ayat 1- 10 dan 3 ayat terakhir. Hmmm.

Nah, Al-baqarah sendiri berarti sapi betina. Kenapa Allah memberi nama dengan sapi betina? Ayo, kita bahas satu per satu.

/Tentang Surat Al-baqarah/

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya mengapa surat ini dinamakan surat Al Baqarah? Ada yang mengatakan demikian karena didalamnya memuat cerita tentang Al Baqarah (Sapi Betina). Padahal surat Al Baqarah tidak hanya menceritakan kisah ini, ada banyak kisah didalamnya.

Lalu mengapa kisah ini dipilih sebagai nama surat sedangkan kisah yang lainnya tidak? Kisah Sapi Betina merefleksikan kesalahan Bani Israil yang mendasar dan pokok. Kisah ini diambil sebagai nama surat agar kaum muslimin diberi amanah kepemimpinan dapat mengigatnya dan menghindari kesalahan serupa.

Kisah Al Baqarah merefleksikan kesalahan bani israil, mulai dari pandangan materialisme, pembangkangan, ketidaktaatan kepada Allah dan para nabi,dan menyimpang dari manhaj yang benar. Apabila melaksanakan perintah Allah, mereka melakukan dengan terpaksa dan hampir tidak mau melakukannya.

/Hikmah Kisah Sapi Betina/

Dalam kisah sapi betina itu, ada seorang laki-laki dari kalangan Bani Israil terbunuh. Tidak seorang pun mengetahui pelakunya sehingga terjadilah perselisihan diantara mereka. Lalu Allah menurunkan wahyu agar mereka menyembelih sapi betina dan mengambil sekerat daging untuk dipukulkan kepada si mayit. Allahpun menghidupkannya, dan mayit itu memberitahukan nama pembunuhnya.

Hikmah dari kisah itu adalah Allah meminta mereka melakukan hal itu karena mereka selalu berpandangan materialis. Ini juga untuk memperlihatkan bahwa Allah Swt, berkuasa atas segala sesuatu dan tidak semua urusan selalu berlaku sebagaimana biasa. Oleh karena itu, Allah menghidupkan manusia yang sudah meninggal dengan binatang yang sudah mati sehingga mayit itu pun berbicara.

Pada mulanya mereka enggan melaksanakan perintah Allah karena jerat materalisme yang telah membelenggu pikiran mereka dan tidak paham terhadap hikmah yang terkandung didalamnya.

Kisah sapi betina merupakan peringan keras agar kita tidak terjerumus ke lembah materialisme. Peringatan tegas agar kita tidak membantah dalam urusan agama Allah, dan tidak mengelak dalam melaksanakan syari’at Allah Swt. Ini juga merupakan penyadaran kita tidak mengerjakan syari’at Allah dengan terpaksa atau tidak suka.

/Keunikan Sapi/

Sapi sendiri adalah hewan yang sangat familiar di Indonesia. Setiap anak-anak pasti tahu hewan yang satu ini. Dagingnya yang lembut dan segar, menjadi konsumsi yang penuh gizi.

Waktu makan sapi yang lama: Sapi butuh 6 jam untuk makan dan 8 jam untuk mengunyah makanan dengan baik. Hmm.. lama ya?

Bisa naik, tetapi tidak bisa turun: Sapi bisa naik tangga, tetapi tidak bisa turun. Wah, kenapa ya? Karena lututnya tidak bisa menekuk sempurna. Keunikan lainnya sehubungan dengan lututnya, adalah Sapi duduk dan berdiri sebanyak 14 kali sehari.

Usia sapi: Umur sapi rata-rata 15-25 tahun. Meski demikian, ada pula yang berusia lebih dari itu. Rekor sapi tertua dipegang oleh sapi asal Meadowbrook, Amerika Serikat (AS) yang bisa hidup sampai usia 49 tahun.

Menghitung umur sapi: Umur sapi bisa diketahui dari jumlah lingkaran dalam tanduknya

Sapi sama seperti manusia, sama-sama makhluk sosial: Jika Anda sering berkumpul bareng teman-teman, sapi juga begitu. Sapi adalah hewan yang senang berkumpul. Hewan ini berkomunikasi lewat suara, ekspresi wajah dan bahasa tubuhnya.

Pendengaran sapi: Sapi bisa mendengar frekuensi suara yang lebih rendah dari frekuensi yang didengar manusia.

Hewan ternak tertua: Sapi sudah berfungsi sebagai hewan ternak sejak lima ribu tahun lalu. Wow.. rupanya si emooh sudah eksis sejak lama ya?!

Produksi susu sapi: Seekor sapi perah dapat memproduksi 200,000 gelas susu sepanjang hidupnya.Rekor ini dipegang sapi bernama Cown yang memproduksi 211,465 kilogram susu.

Penyuka musik klasik: Selera musik sapi termasuk unik, karena sapi menyukai musik klasik. Produksi susunya bertambah jika didengarkan jenis musik ini. Kalau kalian suka musik apa?

Lebih cepat jalan di tanah berlumpur: Sapi lebih gesit dan cepat saat berjalan di tanah berlumpur ketimbang di tanah kering. Hal ini karena kuku sapi cukup lebar jadi tidak mudah terperosok atau tenggelam.

Hmmm, luar biasakan keunikan sapi itu. Sudah tahu? Atau baru tahu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.