Betawi Sonoan Dikit

Bagian 10

Firman mengangguk rada ragu. Tapi apa boleh buat, untuk mendapatkan cinta kan emang perlu pengorbanan, begitu kata Bang Haji Rhoma. Firman langsung empron menuju sumur senggot nyang ada di samping rumah Mahmud, nimba air ngisiin gombangan ampe penuh, trus ambil wudhlu dan kemudian adzan. Beres, Fatimah Insya Alloh menjadi milikku, bathin Firman. Mahmud cuman tersenyum ingin ngeliat ujian pertamanya buat Firman. Kemudian kaga berapa lama Fatimah datang sudah mengenakan mukena dan bawa sajadah.

“Ada apa, Beh…koq senyum sendiri..”, tanya Fatimah bikin Mahmud kaget.

“Gue lagi liatin, Firman. Lucu kelakuan tuh anak”, kata Mahmud.

“Apanya nyang lucu, Beh. Bang Firman cuman lagi nimba air”.

“Dia Babeh suruh adzan setelah menuhin gombangan…”.

“Terus…”

“Luh jangan solat dulu, kita jadi makmum. Babeh lagi nugasin Firman buat belajar jadi imam sholat jamaah..”.

“Babeh…???”.

“Luh kenapa sih? Kawatir si Firman kaga bisa mimpin solat? Kalo lelaki muslim kaga bisa mimpin solat dan jadi imam buat keluarganya, terus apa nyang bisa kita arepin?”, saut Mahmud.

“Maksud Babeh..?”

“Yah ada deh…luh liat aja episode berikutnya..”

“emangnya sinetron, Beh..”

“Bukan. Inikan cerita bersambung hehehe..”, kata Mahmud nagakak sambil menuju gombangan mau ambil wudhlu.

Sementara itu Firman masih nimba air dengan timba senggot. Firman keliatan capek. Mukanya penuh keringet. Telapak tangannya pada merah melocoh karena berat narik tambang dadung atau tali karet dari ban bekas. Baru rasa. Mungkin begitu seloroh Mahmud. Tapi Mahmud nggak sejudes itu. Dia memerintah Firman buat ngisiin gombangan karena ingin menguji seberapa patuh dia kepada perintah orangtua. Kan ciri anak nyang soleh bisa diliat dari caranya berbakti dan berkorban kepada orangtua. Firman keliatan sifat baik dan solehnya.

            “Gimana, Man..luh masih kuat nimba nih air ngisiin gombangan?”, tanya Mahmud sambil mulai ambil wudhlu.

Firman senyum, sambil rada nyombong tunjukin otot lengannya nnyang berenjolan, mirif otot lengan Ade Rai. “Masih kuat, Beh. Belom seribu ember, baru sekitar seratus, masih kecil. Yah..itung-itung olah raga angkat barbell, Beh”, sahutnya sambil terus nimba. Padahal dia udah mau nyerah.

“Kaga salahkan kalo gue suruh lu nimba. Anggap aja fitness gratis. Daripada fitness di Puri Gading Gym bayar mahal, mending nimba, sehat dapet pahala dapet, dua kali untung”, kata Mahmud sambil ngahirin wudlu.

“Bener, Beh..”, sahut Firman

“Ya udah, gue duluan. Eh tapi lu juga buruan wudhlu, kita solat berjamaah”, kata Mahmud lagi sambil menuju Mushola.

Firman menyelesaikan nimba terakhir. Kemudian ngambil wudlu. Membasuh sekujur mukanya nnyang kotor kecipratan. Segeeer. Selanjutnya Firman mendekati mushola. Di dalam mushola ada Mahmud dan Fatimah. Pelan-pelan Firman masuk mushola, kemudian sholat sunnah dua rakaat. Mahmud dan Fatimah menunggu sambil zikir. Tak berapa lama Firman selesai. Mahmud berdiri dan langsung baca iqomat.

“Lu nyang jadi imam, Man”, perintah Mahmud

Firman kaget. Imam? Saya jadi Imam Sholat? Aduh Babeh, emang babeh yakin napa sama kemampuan saya nnyang belum tartil baca Qur’an. Kalo jadi pemimpin kantor atau kepala Negara sih orang pada berebut, Beh. Tapi kalo diminta jadi Imam sholat…mikir ribuan kali. Takut salah, kaga berani, dan takut mbawa dosa semua jamaah. Coba kalo mau jadi pemimpin didasarin dengan pikiran begitu, indahnya hidup ini.

“eh malah melohok, buruan luh jadi imam, kan gue dah komat barusan”, pinta Mahmud lagi.

“Ya, Beh..” sahut Firman sambil berdiri diposisi imam. Mahmud berada di shap belakang dan Fatimah dibelakangnya lagi.

Sholat djuhur menjadi pengalaman berharga buat Firman, dan mungkin ini akan menjadi kenangan seumur hidup nnyang paling berharga. Ngimamin calon mertua.

***

Romy terpaksa dibawa pulang dari rumah sakit lantaran tidak mengalami banyak kemajuan nyang berarti. Patah tulang kaki nyang dialami Romy belum sembuh total. Bahkan info nyang terakhir jika ingin sembuh total harus dilakukan amputasi. Hal ini membuat Romy ngeper dan minta pulang. Kaki gue diamputasi? Kaga. Kaga banget. Gue jadi buntung..iiiihhhh, kaga banget. Gue nyang ganteng begini kaga punya kaki? Sorry..gue kaga mau jadi orang cacat nnyang menderita, begitu gerutu hati Romy. Hal serupa juga dirasakan oleh Gayatri nnyang rela untuk ngabisin semua duitnya nyang penting Romy sembuh. Bagi Gayatri-duit bukan soal, tapi kesembuhan Romy adalah nomor satu. Bahkan Gayatri pengen bawa Romy ke Singapura buat berobat – seperti kebanyakan orang kaya dan para selebritis. Namun rupanya disonopun belum ada dokter nnyang sanggup. Gayatri limbung. Begitupun Murtado gengsi abis mendengar anak kesannyangannya – Romy mau dibuntungin kakinya. Gengsi, bro. masa anak juragan matrial dan kosan punya anak nyang tunadaksa. Apa kata dunia? Buat apa banda nyang seabreg begini kalo bukan buat anak? Makanya Murtado terus nyari info buat nemuin dukun patah tulang nyang kesohor nyang dapet nyembuhin patah tulang nyang dialami oleh Romy. Ampe nyari di surat kabar dilakonin.

Untung aja Mang Dimong, tukang jaga kosan ngasih kabar baik suatu siang:

“Juragan, aye denger nih ada dukun patah tulang nyang top di kampung Legok. Babeh Mahmud namanya..”.

“Kaya gue pernah denger nama itu. Dari mana luh dapetin info itu, Mong?”, selidik Murtado makin penasaran.

“Denger dari tukang ojek nyang kemaren aye naekin. Si Midin – tukang ojek di kampung Caman, Gan. Selain Babeh Mahmud juga ada beberapa nyang bisa nanganin patah tulang sih. Ada Ki Ulen dekat Cikeas daerahnya SBY, ada Haji Ilyas deket Cikunir. Tapi Babeh Mahmud juga kaga kalah hebatnya. Begitu nyang aye denger, Gan..”, cerita Dimong ampe bebusa mulutnya.

Bersambung,,,

Majayus Irone/Budayawan/Rumahmediagrup.com/Novel Budaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.