Bulan Ramadhan di masa pandemi covid. 19

Bulan Ramadhan yang penuh ampunan dan magfiroh. Kita melaksanan puasa sudah menunjuk ke 11 hari. Tidak terasa waktu begitu cepat dan berputar tanpa batas.

Alhamdulillah keluargaku menikmati suasana bulan Ramadhan. Kebiasaan setelah azhan magrib. Kemudian buka puasa dengan minuman yang menyegarkan.

Ada beberapa contoh minuman dan makanan ringan untuk buka puasa seperti :

1.Kolek pisang /labu kuning ditambah dengan kolang-kaling.

2. Sop buah yang terbuat dari macam-macam buah-buahan,ditambah susu /santan kental/sirup ABC /Nutrisari.

3. Es campur yang terdiri dari :sakoteng, agar-agar hijau /merah dkk.

4.Kurma.

5. Kopi moccacino /kopi hitam .

6.Cilok,cireng,batagor,pempek-pempek Palembang, kurupuk mie yang warna kuning dll.

Semua minuman membuka puasa banyak bermacam -macam dan banyak ragamnya. Disesuaikan dengan selesa dan kebutuhan masing-masing. Disesuaikan dengan daerah setempat yang sudah menjadi tradisi.

Keluargaku setiap buka puasa makanan dan minuman beraneka ragam.Biasa namanya anak-anak makanan dan minum ditumpuk membeli dan membuat sendiri.

Setelah buka puasa kadang-kadang tidak semua makanan /minuman bisa masuk perut. Karena hawa nafsu segala ingin dibeli /ditumpuk di atas meja. Cuma bisa dinikmati hanya dilihat saja ha…

Di masa pandemi covid. 19 untuk membeli sembako dibatasi. Supermarket, pasar, toko kelontong bukanya dibatasi. Karena pemerintah sudah memberlakukan PSBB. Supaya tidak terjadi kerumunan masa.

Aku mencoba belanja ke supermarket cara belanja diatrikan di luar secara bergiliran. Di depan pintu sudah disediakan untuk cuci tangan dan sabun anti kuman. Setiap aku keluar luar rumah. Ada perasaan was-was dan ketakutan dalam hatiku.

Begitu pulang ke rumah badanku terasa tidak enak, kepala pusing, batuk dan flu. Itu yang dinamakan dengan stress karena serba ketakutan. Tetapi…. Alhamdulillah hanya sakitku 2 hari sudah sembuh. Di rumah sudah tersedia obat-obatan yang sangat diperlukan. Karena sebelum pandemi covid. 19 merajalela aku dan keluarga sudah berobat terlebih dahulu. Semoga bermanfaat ceritaku…

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.