Mengomentari Pendapat pada Teks atau Saat Debat

Masa lockdown diperpanjang secara otomatis Pembelajaran Jarak Jauh pun masih dilaksanakan. Pekan ini akan dibahas materi terkait bagaimana mengomentari pendapat pada sebuah teks atau saat debat.

Komentar atau tanggapan adalah sambutan, baik berupa pernyataan lisan maupun tertulis terhadap peristiwa, masalah, ucapan, pendapat, atau gagasan. Komentar atau tanggapan berupa penyanggahan, dukungan, penguatan, dan pertanyaan terhadap isi pernyataan.

Komentar atau tanggapan yang disampaikan dalam diskusi harus memerhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Diungkapkan dengan santun dan memberikan jalan keluar, contoh: Saya berpendapat bahwa ide semacam itu akan lebih kuat apabila disertai dengan bukti-bukti.
  2. Pendapat harus logis dan sesuai dengan kelaziman berpikir, contoh: Setelah saya perhatikan, ada baiknya jika berpendapat tersebut disertai alasan-alasan yang menguatkan.
  3. Diuraikan secara sistematis (mengikuti urutan dan struktur yang benar), contoh: Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap permasalahan berawal dari adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Oleh sebab itu, mohon agar Anda menyertakan faktor-faktor penghambat yang menyebabkan munculnya permasalahan tersebut.
  4. Berpendapat berdasarkan fakta, bukan opini. Contoh: Dari data, gempa yang terjadi di DIY tidak disebabkan Gunung Merapi, tetapi adanya gerakan kerak bumi di pantai selatan Pulau Jawa.
  5. Komentar positif berisi dukungan dan persetujuan. Contoh: Saya setuju atas pendapat Anda karena memang begitulah keadaannya. Mohon bisa dilanjutkan kepada pengambil keputusan di tingkat pemerintah.
  6. Komentar negatif berisi penolakan. Untuk hal ini, gunakan kalimat dengan makna tidak langsung. Contoh: Mohon agar penyaji melakukan kajian lagi, apakah benar pelestarian lingkungan itu hanya menjadi tanggung jawab pemerintah?

Demikian materi terkait bagaimana cara mengomentari pendapat pada teks atau saat berdiskusi atau berdebat.

sumber:

Rustamaji. 2020. Erlangga X-PRESS UN SMK/MAK 2020. Jakarta: Erlangga.

rumahmediagrup/suratmisupriyadi

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.