Kongkow Cerdas : Aki Maja dan Kong Usman

GANTI  TAUN

Aki Maja lagi duduk nyerende pada sandaran bangku panjang. Matanya merem melik kaya ayam ngantuk antara pengen tidur atau melek. Dipikirannya melayang nostalgia jaman muda dulu. Kampung masih gembel sama pohonan. Jalan masih tanah merah campur sirtu nyang kalo hujan turun becek dan dibel. Apalagi kalo hujan pertama. Motor nyang lewat dijamin mater. Tapi karang mah jalannya udah lumayan aspal meski masih berugudan karena jumlah aspalnya kalah banyak sama batu split dan pasir. Wajar aja kali pagi ari baru diglebeg dan begitu sore turun hujan, aspal langsung bopeng karena pasirnya nganyut di bawa aer.

Mendadak lamunan Aki ngilang gara-gara si Minul – anak menantunya datang. Baru pulang dari Pasar Kranggan. Bawaannya ampe brendong kepang – buanyak banget. Lehernya juga abroi pake kalungan emas. Maklum lakinya abis dapet gusuran.

      “Beh…ni saya beliin kesukaan babeh, ongol-ongol pake parudan kelapa muda”.

Aki serontak dan ngeronjat, kaget denger ongol-ongol kesukaannya datang.

      “Mana Nyi, ampe bosen gue nungguin. Ampir aja gue pules”, jawabnya girang.

Minul langsung embrakin ongol-ongol di atas meja kayu. Aki langsung ngerobet dan mocel. Makan dengan nikmat.

      “Lu pinter banget Nyi. Tau aja kedoyanan gua”, kata Aki lagi

      “Siapa dulu, Minul gitu loh. Oh ya Beh. Ini juga saya bawaain kalender baru”, kata Minul sambil naro kalender di hadapan Aki.

      “Pasti lu dikasih ama Koh Ahok yah? Emang luh beli emas Nyi?”, selidik Aki sambil ngeliat leher Minul nyang mreneng karena pake kalungan.

      “Iya Beh, itung-itung nyelengin..”

       Nggak disangka Kong Usman datang dan langsung duduk di bangku nyang satu lagi. Matanya ngelirik ongol-ongol nyang munel.

      “Eh luh Kong. Ada kabar apa tumben mampir?”

      “Kaga..kebetulan aja lewat. Tadi gue abis bayar listrik. Ngantri. Udah listrik mati mulu, eh pemerentah naikin harganya mulu, sebel”, sahut Engkong rada dongkol.

      “Bukan cuman listrik kong, BBM juga naik mulu. Nggak tau tuh PLN dan Pertamina”.

      “Lah kan PLN singkatannya Pertahun Listrik Naik. Kalo Pertamina pertahun minyak naik, pan pemerintah kaga salah”, cerita Minul sambil ngeloyor ke dalem.

Kalender masih nemprak di atas meja. Kong Usman ngambil dan buka lembar demi lembar. Gambranya foto artis lagi mleding.

      “Oh iya gue baru inget kalo besok udah taun baru. Berati ganti taun dong..”

      “Berarti juga umur kita nambah angkanya, tapi ngurang jatah idupnya”

      “Iya Ki, kaga berasa tau –tau kita dah tuwa”.

      “Semoga aja ganti taun, ganti pemimpin nyang lebih bagus dan lebih peduli ama rakyatnya. Jangan cuman pencitraan doang”, jawab Aki rada galau.

      “Yah gua juga ngarep begitu Ki, pemimpin tuh kerjanya hukan cuman kaya kalender, dapetnya beda waktu tapi abisnya bareng. Bukan cuman ngejar target tapi kaga beres. Kan lebih baik woles tapi mulus..”, sahut Engkong.

      Ongol-ongol tinggal sejuring. Sebelon di caplok Engkong Usman lebih duluan Aki nyang cogroh. Am..dilahapnya sepotong ampe multunya monyong. Kemudian Aki keselek dan kesimpatan hingga ongol-ongol muncrat ke muka Kong Usman.

      “Yah…gue disembur. Emang luh kira gue bocah cacingan..”

      “Maaf Kong…gue kelolodan karena buru-buru..”.

      “Pan gua dah bilang woles aja tapi selesai…ah luh pemimpin gaya kalender sih..”

      “Maaf Kong…dasar kalender..”

Engkong merongos tapi kaga berani marah. Kata orang makin tua harus lebih sabar. Kan ganti taun. Ganti juga perilaku dan tabiat. Setuju?***

Majayus Irone/Budayawan/Rumahmediagrup.com/Cerpen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.