Tibbun Nabawi – Sehat Ala Nabi 2. Khasiat Al Fatihah

Tibbun Nabawi – Sehat Ala Nabi

2. Khasiat Al Fatihah

Sore itu, setelah salat Asar berjamaah, anak-anak dan sebagian besar jamaah yang salat tidak langsung pulang ke rumah. Mereka ada yang tilawah Alquran, ada juga yang murojaah dan juga ziyadah hapalan. Masjid terdengar ramai oleh mereka para pecinta kitabullah.

Sementara Abah menerima tamu di teras rumahnya yang asri. Tamu itu datang dari kota dan berniat belajar agama. Abah Abdul tentu senang. Mereka akan tinggal di paviliun rumah Abah, tempat tinggal anak-anak yatim. Kebetulan di sana ada kamar yang kosong.

Setelah selesai, Abah mengajak para tamu dan orang-orang yang ada di masjid berkumpul dan berbincang santai seperti biasa. Abah suka menyisipkan ilmu agama sambil mengobrol santai. Perlahan tanpa kesan menggurui.

Saat itu, ada anak yang mengingatkan Abah tentang satu hal.

“Assalamualaikum Abah, katanya Abah mau menjelaskan khasiat Alfatihah sebagai salah satu Tibbun Nabawi,” tagih seorang anak perempuan berusia sepuluh tahun.

Abah tersenyum. Kemudian beliau menganggukkan kepala. “Masyira masih ingat aja ya, janji Abah. Masyaallah! Terima kasih ya, Nak. Udah mengingatkan Abah. Baiklah, kali ini Abah akan sedikit menjelaskan tentang Alfatihah sebagai Tibbun Nabawi.”

Umi Salamah mengusap kepala Maysira dengan lembut. Anak itu memang kritis dan rasa ingin tahunya cukup tinggi.

Semua yang hadir larut dan terdiam ketika Abah menjelaskan.

****

“Al Fatihah merupakan surat dalam Alquran yang paling mulia. Disebut juga Umul Quran, induk, atau ibu. Sebagaimana seorang ibu, Al Fatihah adalah rujukan atau tempat kembalinya isi Alquran. Oleh karena itu, Al Fatihah wajib dibaca setiap rakaat dalam salat.”

Lalu Abah melantukan Surah Alfatihah. Suara beliau yang bening membawa kesyahduan di sore itu. Hampir semua orang berkaca-kaca dan tersentuh hatinya mendengarkan bacaan Abah. Indah suaranya dan indah makna yang terkandung di dalamnya. Begitu menggetarkan jiwa.

Setelah selesai, Abah kembali menjelaskan.

“Alfatihah merupakan obat penawar sakit yang sempurna, paling bermanfaat, ruqyah yang sempurna, menjadi kunci kekayaan dan keberuntungan, penjaga kekuatan, penghilang kekhawatiran, kesusahan, dan kesedihan.”

“Ada sebuah kisah mengenai Alfatihah sebagai ruqyah.”

“Dari Abu Sa’id Al-Khudri, bahwa ada sekelompok sahabat Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- dahulu berada dalam perjalanan safar, lalu melewati suatu kampung Arab.”

“Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung tersebut enggan untuk menjamu.”

“Penduduk kampung tersebut lantas berkata pada para sahabat yang mampir, “Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyahkarena pembesar kampung tersebut tersengat binatang atau terserang demam.” Di antara para sahabat lantas berkata, “Iya ada.” Lalu ia pun mendatangi pembesar tersebut dan ia meruqyahnya dengan membaca surat Al Fatihah. pembesar tersebut pun sembuh.”

“Lalu yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya -dan disebutkan-, ia mau menerima sampai kisah tadi diceritakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

“Lalu ia mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menceritakan kisahnya tadi pada beliau. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al Fatihah.”

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al Fatihah adalah ruqyah?”

Medical Hadis
Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda, Allah berfirman :

“Apabila hamba membaca, Iyyaka Na’budu wa iyyaka Nasta’in (Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan), maka Allah Swt, “Ini antara Aku dengan Hamba-ku, dan bagi Hamba-Ku apa yang ia minta.”

(HR Ahmad,Musnad Imam Ahmad, jilid 21, 1420 H/999 M: 320)

*****

Abah selesai menjelaskan mengenai khasiat Al Fatihah. Salah seorang tamu yang tadi datang bertanya kepada Abah.

Orang itu bernama Rahman. Laki-laki muda berumur dua puluh lima tahun.

“Bah, apa setiap membaca Alfatihah pasti semua penyakit akan langsung hilang?” tanya Rahman.

Abah menghela nafasnya. “Begini, Tibbun Nabawi itu butuh keyakinan dan keimanan yang kuat dari seseorang, ia harus yakin bahwa apa yang ia baca dan dilakukannya itu pasti menyembuhkan.”

“Tibbun Nabawi ibarat sebuah pedang yang tajam. Hanya tangan yang kuat dan terlatih yang bisa memegangnya dengan baik.”

“Begitu juga dengan pengobatan ala Nabi ini. Jika sesorang tidak memiliki keyakinan yang kuat akan pertolongan Allah lewat Alfatihah, tentunya kesembuhan pun tidak akan datang.”

Rahman dan semua orang menganggukkan kepalanya. Mereka kini memiliki keyakinan penuh, Ayat-ayat Allah merupakan penyembuh segala penyakit jasmaniyah dan ruhaniyah.

Tidak ada yang tidak mungkin. Segalanya sudah Allah atur dalam Alquran, mukjizat yang yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Mukjizat yang terbesar dan terakhir diberikan kepada Nabi terakhir, yang tidak diberikan kepada Nabi sebelumnya.

*****

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian (Al-Isra Ayat 82)

Tafsir Quran Surat Al-Isra Ayat 82 :

Dan Kami turunkan dari Al-Qur`ān sesuatu yang menjadi obat penawar bagi hati dari penyakit kebodohan, kekafiran dan keraguan, dan sesuatu yang menjadi obat bagi badan bila melakukan ruqyah dengannya, juga dari Al-Qur`ān itu Kami turunkan sesuatu yang menjadi rahmat bagi orang-orang mukmin yang beramal dengannya.

.

Referensi :

– Alquran Cordoba – Amazing

(Ibnul Qayyim Aljauziyyah, Zadu’l Ma’adi fi Hadyi Khayri’l Ibadi, Juz 4 t.t. :158-160)

– Google berbagai jurnal islam

– Muslimafiyah.com

– Tafsirweb.com

Gambar dari google

rumahmediagrup/irmasyarief

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.