Kongkow Cerdas: Aki Maja dan Kong Usman

KETEMU BOS

Udah ampir tiga bulan kali si Oding – anak mantunya Aki Maja nyang biasanya loyar ngebelanjain mertuanya berbagai keperluan, kali ini kaga lagi. Aki juga sempat mikir ada apa sama si Oding. Apa dia udah bosen ngebelanjain mertuanya? Atau karang mah dia udah mulai repot dan kewalahan ama duit lantaran anak-anaknya udah pada sekolah. Emang Aki sih kaga ngarepin dapet apa-apa dari menantu, nyang penting mah mereka pad hidup rukun tentram berumah tangga. Eh…si Oding tuh kerjanya PNS – guru sekolah. Dia diangkat ada lima taun yang lalu kali. Pas mau nikah sama anak empuannya Aki – si Konyil.

      Aki Maja ngeduwet aja lagi bikin pengki dari bambu tali. Maksudnya buat ngebersihin sampah nyang banyak di sepanjang jalan depan rumah. Hobi Aki kan cuma satu: nyapuin jalanan. Aki tuh paling kaga betah ngeliat sampah ngeblatak. Lagi serunya Kong Usman ngesrog datang sambil bawa bungkusan.

      “Dari mana luh Kong. Tuh bungkusan apa?”, tanya Aki tertarik liat bungkusan.

      “Oh…ini, gue barusan beli baju sadariah sama celana pangsi. Buat cadangan dan serep kalo baju gue nyang lama udah jelek. Ini juga modal dewek, Ki…”, gerutu Engkong sambil jongkok.

      “gue kira tuh ongol-ongol. Loh..koq mukanya jadi asem gitu, knapa?”, tanya Aki kaget.

      “Keluar duit. Biasanya si Mail, tuh mantu gue nyang ngajar di SD Bojong loyar banget tiga bhulan sekali beliin baju. Tapi udah tiga bulan ini dia kaga nongol. Main aja kaga. Apa dia lagi susah yah?”, engkong pusing.

      “Wah..kalo gitu sama dong sama mantu gue, kong. Oding juga udah tiga bulan kaga main kemari. Lagi boke katanya. Lagi susah duit..”, kata Aki  lagi.

      Nah…luh. Kok jadi sama sih nasibnya. Nasib guru jadi begini. Padahal tuh menurut berita yang dapat dipercaya, biaya pendidikan nyang digelontorin pemerintah untuk siswa melalui dana BOS makin naik. Tapi kenyataannya si Oding sama Mail makin bangkrut? Swelidik punya swelidik, menurut penuturan Oding dan Mail suatu hari mereka ngobrol sama mertuanya..

      “Sekarang mah, guru kaga dapet kesra dari sekolah. Boro-boro kesra, nyang dulu dapet dan ada sekarang mah jadi ilang. Sekalinya ada jumlahnya dikurangin. Padahal biaya BOS makin naik. Nah..trus kesejahteraan koq jadi berkurang dan nyaris hilang”, begitu kata Oding.

Entah…itu bener atau kaga. Kan nyang ngomong Oding. Kalo kaga percaya tanya aja sama Oding!

      “Emang bener…saya juga kaga dapet kesra sekarang mah. Kaga ngarti dah, dikemanain tuh duit BOS..”, gerutu Mail suatu hari sama teman ngajarnya. Guru nyang lain juga manggut-manggut.

Sehingga ada pribahasa baru nyang berbunyi: Dana BOS ya buat Bos, nyang nikmatin juga Bos, nyang sejahtera juga Bos. Kalo udah begitu…apa manfaatnya buat masyarakat, terutama SDM guru nyang notabene mendidik siswa nyang dibiayai oleh bos. Alasanya klasik: Tupoksi!

      “Yah..dari pad gue kena imbasnya mikirin penyaluran dana Bos nyang kaga danta, mendingan gue bikin pengki dah. Paling tidak dengan nyapuin jalan ampe bersih, jauh dari penyakit dan gue dapet pahala. Bereskan”, kata Aki lebih legowo.

      “Setuju, Ki ngapain mikirin duit nyang buntutnya bikin kita cepirit. Mendingan kita mandiri aja ngadepin idup nyang makin sulit..dengan penuh spirit dan sedikit ngirit..prit!”, kelakar Engkong sambil ngakak hingga ompongnya keliatan.

      “Iya dah…kitamah nyang danta – danta ajah”, kata Aki lagi sambil beresin iratan bambu. Pengkinya udah kelar. Besok pagi udah bisa dipake buat ngangkutin sampah.

      “Terus gimana jadinya nasib Bos?”

      “Tanya aja sama si Bos”

      “Jadi kita ketemu Bos?”

      “Bos…gemboooossss”.

Aki ama Engkong ketawa ampos.***

Majayus Irone/Budayawan/Rumahmediagrup.com/Cerpen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.