Transaksi Sosial dan Ekonomi dalam Organisasi Pekerja

Sumber gambar : http://www.google.com

Transaksi Sosial dan Ekonomi dalam Organisasi Pekerja

Hubungan antar pekerja dapat berupa sebuah organisasi. Dan hubungan tersebut mengatur sebuah pertukaran/transaksi sosial dan ekonomi. Pertukaran yang terjadi dalam interaksi tersebut memiliki dampak yang saling menguntungkan, menciptakan kepercayaan dan kewajiban saling bertukar peran sosial maupun ekonomi. Hal ini dimaknai bahwa hubungan antar pekerja yang tergabung dalam organisasi pekerja, diciptakan untuk saling mendukung di antara mitra. Pekerja membalas perlakuan organisasi yang diikutinya dengan sikap yang lebih positif dan tingkat kinerja yang tinggi.

Organisasi pekerja fokus kerjanya pada pertukaran sosial yang lebih tinggi daripada pada pertukaran ekonomi. Nilai potensi sosial yang muncul lebih banyak didapatkan daripada nilai ekonomi. Mengapa demikian? Karena pertukaran sosial melibatkan kewajiban yang tidak terbatas sehingga ketika seorang pekerja membantu pekerja lain atau dalam organisasi pekerja, ada harapan di masa depan ia akan menerima balasan atas kebaikannya tersebut. Begitu juga dalam hubungan organisasi pekerja, akan ditemui banyak persoalan yang dapat diselesaikan dengan pendekatan sosial. Hal ini berlaku dalam jangka waktu yang panjang. Keterlibatan urusan sosial organisasi pekerja lebih bernilai dan diminati pekerja. Misal urusan sosial yaitu terkait dengan menjenguk pekerja yang sakit, melahirkan, atau lainnya.

Sebaliknya, jika dibandingkan dengan orientasi kerja organisasi pekerja pada putaran persoalan keuangan (ekonomi). Ketika transaksi terjadi pada pertukaran ekonomi hadir, maka kewajiban organisasi pekerja menganggap semua hal yang ia kerjakan difokuskan pada seperangkat nilai-nilai materi dan keuangan. Hal ini dimaknai bahwa pekerja memberikan imbalan atas tugas yang dilakukan organisasi saat mereka bekerja. Dan bisa juga terjadi transaksi ekonomi terjadi ketika terdapat urusan yang bersifat pribadi dan tidak memerlukan investasi sosial. Semua berbayar.

Interaksi sosial dan ekonomi menunjukkan pertukaran sosial dan ekonomi yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya berperan sebagai nilai investasi pekerja saat bergabung dalam sebuah organisai pekerja. Kedua jenis elemen interaksi tersebut berjalan secara bersamaan, artinya tindakan yang bersifat sosial juga berdampak pada transaksi ekonomi. Meskipun dampak ekonomi munculnya sedikit daripada dampak sosial.

Kepedulian pekerja pada keberlangsungan organisasi ditunjukkan pada pertukaran dalam interaksi mereka. Meskipun setiap pekerja memiliki alasan kepentingan ekonomi ketika “membantu” tumbuhnya organisasi tersebut. Kebutuhan bisnis masih sering muncul dalam transaksi sosial maupun ekonomi, terkadang melibatkan eksploitasi kepentingan, dan melibatkan urusan balasan. Mekanisme urusan sosial dalam organisasi pekerja berada pada cerminan keterikatan emosional pekerja dan identifikasi organisasi. Apakah organisasi tersebut fokus pada sosial? Atau fokus pada ekonomi ? Bisa jadi organisasi bersifat sosial namun terselubung urusan ekonomi.

Pilihan transaksi sosial dan ekonomi dalam organisasi pekerja menekankan pada komitmen pekerja untuk meningkatkan tekanan hubungan yang formal. Terutama pada pertukaran sosial, terjadi dengan mempertimbangkan kecenderungan preferensi pekerja. Hal ini sebaliknya terjadi pada pertukaran ekonomi, yaitu tidak dipertimbangkan kepercayaan di antara mitra. Mengingat adanya risiko dalam pertukaran tersebut, dinilai dari biaya yang dikeluarkan.

rumahmediagrup/Anita Kristina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.