Jejaring Sosial dalam Hubungan Ketenagakerjaan

Sumber gambar : http://www.google.com

Jejaring Sosial dalam Hubungan Ketenagakerjaan

Jejaring sosial dimaknai sebagai kemitraan yang bertujuan untuk menguatkan hubungan antara kelompok yang berbeda dalam sebuah komunitas. Dalam hubungan ketenagakerjaan, mitra sosial ini muncul di dalam komunitas yang kuat dan bisa jadi bersifat luas.

Sering diasumsikan bahwa jejaring sosial yang tumbuh dalam hubungan ketenagakerjaan telah membentuk pola hubungan tertentu, tetapi tergantung pada ketentuan perusahaan. Apakah perusahaan mempertimbangkan adanya keterampilan lokal yang dimiliki masyarakat sekitar? Hal ini sangat subjektif.

Kemitraan sosial yang berbentuk jejaring dapat membantu mempertahankan pekerja terampil yang berada pada kelompok komunitas tertentu, atau bahkan mempertahankan mereka untuk tinggal di daerah asal. Kemitraan sosial ini juga  dapat memfasilitasi kerjasama di tempat kerja dan menyediakan informasi pasar tenaga kerja yang terbuka bagi perusahaan.

Bagaimana munculnya kemitraan sosial di tempat kerja? Di tempat kerja, kecenderungan terdapat polarisasi tenaga kerja antara pekerja terampil yang berasal dari daerah asal, dan yang berasal dari luar lingkungan mereka. Perbedaan asal daerah dan perbedaan keterampilan ini membentuk ketidakamanan kerja. Persaingan dalam hal kualitas kerja menjadi alasan kuat munculnya komunitas atau kelompok-kelompok kecil dari yang merasa terpinggirkan. Sehingga muncul perasaan yang sama dan kuat di antara kelompok tersebut.

Kemitraan sebagai bentuk dari perjanjian yang dinegosiasikan antara pengusaha dan perwakilan pekerja, dilakukan untuk bekerja bersama dengan tujuan memajukan perusahaan. Kemitraan seperti ini berfokus pada penekanan tanggung jawab bersama antara pengusaha dan pekerja. Ada dilaog antara perusahaan dan serikat pekerja atau komunitas. Dialog tersebut dilakukan untuk kemajuan bersama, menyelesaikan perselisihan jika terjadi konflik.

Jejaring sosial dalam hubungan ketenagakerjaan tumbuh sebagai pemberdayaan pekerja dan masyarakat lingkungan perusahaan. Memungkinkan untuk melakukan respon perubahan lingkungan eksternal yang berubah cepat. Sehingga bergerak bersama, kuat bersama menghadapi perubahan.

rumahmediagrup/Anita Kristina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.