Personal Branding

Jum’at, 8 Mei 2020 adalah pertama kalinya saya live di akun media sosial komunitas bisnis terbesar di Indonesia. Peran sebagai moderator dijalani tanpa latihan berkali-kali. Hanya modal berani dan kuota di ponsel pribadi.

Tokoh yang jadi narasumber adalah seorang ibu rumah tangga biasa, yang memulai usahanya dengan apa adanya. Niat demi keluarga dan tentu saja lillaahi ta’ala. Tak malu ke sana ke mari membawa produk segala rupa. Tester dibungkus, dibagi pada saudara, teman, juga tetangga.

Lima tahun ia berusaha dengan cara penuh peluh. Dengan tekad, ia berwasiat, usaha baik tak perlu mengeluh. Maka, ketika media sosial mulai viral, ia pun tak malu dan kerap menyapa meski tak kenal.

Luar biasa. Sejak bisnisnya ia bawa ke ranah digital, dari hanya puluhan box, produknya meningkat hingga jumlah kwintal. Ia tak lagi repot keluar menjajal. Cukup posting segala kegiatan di media sosial. Setiap hari, bertahun-tahun dan akhirnya ia pun terkenal.

Tak memakai iklan, tak menyogok teman, tak menitip jualan. Rumah kecil di gang sempit tak menghalangi bisnisnya tetap jalan. Rezekinya tak sekadar untuk pribadi tetapi ia bagi ke handai taulan. Tetangga ikut dapat mata pencaharian.

Meski bisnis membesar ia tak berubah kasar. Selalu ramah dengan senyum terbentang lebar. Sasarannya hanya lokal, tetapi reseller membuat produknya menyebar. Sungguh buah sabar kadang tak bisa ditakar.

Satu pesannya dalam membranding diri. Fokuskan pada satu hal yang akan kau jadikan ciri. Agar ketika seseorang perlu produkmu, ia akan teringat pada dirimu.

rumahmediagrup/fifialfida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.