Pejuang Sahur

Ummu Magandi

(Mafaza, Aga, Jundi)

Setiap Ramadhan selalu menghadirkan cerita seru yang tidak rugi jika disimpan sebagai kenangan yang tidak terlupakan. Ramadhan tahun ini pun memberi kisah tersendiri pada keluarga kecil kami.

Ada satu bidadari dan dua pangeran ganteng di rumah kami. Pastinya, masing-masing anak memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa dinilai sama, karena masing-masing anak itu unik.

Mendidik si Kakak memang tidak ada tantangan yang lebih, lempeng-lempeng aja, bahkan bisa dibilang kemampuan kakak diatas rata-rata. Usia kurang 4 tahun sudah bisa naik sepeda roda dua, belum 5 tahun bisa baca Al-qur’an, baca tulis latin pun dikuasai sebelum 5 tahun.

Demikian juga mengajari Kakak puasa Ramadhan sangat mudah. Dari usia 3 + dia sudah belajar puasa tengah hari hingga puasa full usia 5 +. Bagaimana dengan sang Abang dan Adik?

Abang dan Adik hanya beda 14 bulan. Saat ini Abang usia 6,5 tahun dan Adik 5,5 tahun. Penuh kerebyekan yang nikmat mengurus mereka. Dua kali Ramadhan ini mereka belajar puasa tengah hari. Tahun kemarin susah sekali berpisah dengan susu, tapi karena semua sepupu kumpul di rumah Eyang, alhamdulillah sangat membantu membujuk mereka menuntaskan belajar puasanya.

Surprisenya, adalah Ramadhan tahun ini. Mereka berdua 15 hari puasa tengah hari tanpa keluh-kesah, tanpa rewel, sahur dengan duduk manis dan mata terbuka. Bi’idznillah hari ke 16 mereka bisa menuntaskan puasa full satu hari tanpa rewel. Tanpa Ummi meminta dan memohon. Subhanallah, walhamdulillah, Allahu akbar.

Tidak terlukis keharuan dan kebahagiaan ketika mereka bisa menuntaskan puasanya. Satu pelajaran yang bisa dipetik, Nak. Untuk meraih kesuksesan memang membutuhkan kerja keras dan tekat bulat. Sholih, Sholihahnya Ummi love you full.

RumahMediaGrup/endahsulis1234

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.