Tentang Kartu Bebas Perpustakaan

Meski tetap di rumah saja, tantangan menulis tidak pernah bisa berhenti begitu saja. Teruslah semangat mengejar harapan mimpi-mimpi yang pasti.

Kali ini saatnya penulis menjelaskan tentang kartu bebas perpustakaan. Yang terkadang para siswa sering kebingungan, tentang apa itu kartu bebas perpustakaan.

Saya seorang pustakawan yang memang bekerja di sebuah perpustakaan sekolah. Sudah tidak asing jika siswa berkumpul untuk membaca dan sekedar berkegiatan di perpustakaan sekolah.

Berkaitan dengan masa berakhirnya tahun ajaran sekolah, maka siswa-siswi wajib mengembalikan buku perpustakaan yang telah dipinjam semasa jenjang waktu mereka belajar selama tiga tahun, di tingkatan sekolah menengah.

Mereka yang kenal dengan perpustakaan mesti sudah paham dengan aturan berlaku di pepustakaan sekolah.

Walaupun saat ini, karena pandemik covid-19, maka siswa dan siswi untuk sementara menyimpan dan mengamankan dulu buku pinjamannya di rumah masing-masing.

Tidak adanya pelayanan di perpustakaan sekolah, membuat semua menjadi dirasakan serba salah. Namun yang pasti tentu hal itu disebabkan karena taat aturan dan PSBB yang berlangsung, juga dipaksa untuk di rumah saja dulu saat ini.

Kartu Bebas Perpustakaan akan diberikan apabila siswa telah mengembalikan seluruh pinjaman bukunya dari perpustakaan sekolah. Dengan cara pengecekan secara seksama oleh seorang pustakawan.

Setelah semua fix dikembalikan, maka akan diberikan kartu bebas perpustakaan sebagai bukti bahwa siswa tidak memiliki hutang buku. Dalam arti sudah tidak ada buku yang dipinjamnya.

Dengan syarat tersebut, siswa dapat mengambil ijazah secara terjadwal. Bukan hanya surat bebas perpustakaan, siswa pun harus sudah tidak memiliki tunggakan uang kewajiban yang harus dibayarnya.

Dengan terciptanya hubungan yang harmonis antara siswa sekolah dan perpustakaan, maka semuanya akan berjalan sesuai ketetapan yang disepakati.

So, sebagai siswa yang baik, tetap mengikuti jadwal yang nantinya akan diatur, agar pengembalian buku ke perpustakaan semakin mudah, cepat dan terselesaikan dengan aman.

Rumah Media Grup / Allys Setia Mulyati
Foto : dokumentasi pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.