Kongkow Cerdas: Aki Maja dan Kong Usman

LEBARAN CORONA

Suara takbir masih seru diiringin tabuhan beduk di Mesjid Nurul A’la atau mesjid yang lebih popular disebut Mesjid Tekel. Alasannya karena mesjid itu konon dibangun di atas tanah wakaf keluarga Bapak Tekel. Segrembolan bocah tanggung seru banget mukulin beduk ampe suaranya bebengeran kaga berenti. Bikin kuping pengang tapi tetap kedengeran merdu karena sedang hati gembira menyambut kemenangan puasa Ramadhan. Ampir semua orang sibuk pegih sanah sini nganterin tentengan buat sodara atau kerabat. Ada yang naik motor, naik mobil, naik sepeda bahkan ampe jalan kaki dilakonin juga. Intinya ngidupin silaturahim.

   Kaga beda di tempat Aki Maja. Dari sejak bubaran Sholat Ied sudah bedatangan kerabatnya. Ada cucu, cicit, keponakan, anak, anak menantu, misanan, sepupu atau juga orang nyang kebetulan mampir karena saking sungkannya ama Aki ikutan mampir. Rumah Aki nyang lumayan gede dan lega latar ama pasebannya, ari itu mah jadi sempit. Penuh orang nyang datang ngantri mau salaman lebaran. Aki keliatan sibuk dan jadi artis hari itu mah. Cuman make kaos oblong putih merek 777 atau Swan dibagian bawahnya pake kaen sarung warna item dan sandal Lily membuat Aki udah keliatan jekrem alias ganteng. Aki sibuk juga nyambutin tangan nyang salaman. Kaga lupa Aki selalu ngedoain semua orang nyag datang supaya hidupnya berkah dan selamat dunia akherat.

      Ketika rada sepi Kong Usman ama Nyai Sanah – bininya, datang bareng ama anak-anaknya ke rumah Aki Maja. Langsung aja mereka besambutan dan saling bepelukan.

      “Maafin gua ya Kong, gua sering becanda ama luh. Ari ini mah kita kudu tos tosan nglebur dosa..”, kata KI Maja dengan haru.

      “Gua maafin. Gua juga minta maaf yah, gua sering becanda juga dan bikin luh jengkel. Ari ini mah kita kosong kosong lagi yah. Kita mulai dari nol..”, sahut Kong Usman.

         “Emang POM Bensin dimulai dari nol…laguan”, celetuk Cungkring cicitnya Engkong.

Kemudian disusul nyang lain ikut saling maaf maafan. Jadi haru biru dah suasananya. Namun kaga lama itu belangsung. Waktu mereka lagi pada ruket ngobrol dan nikmatin kue lebaran; ada geplak, dodol, ketan tape uli, rengginang, akar kelapa, kue satu, kue ketapang, kembang ros dan minuman es obyoh…semua kaget. Tiba-tiba suara petasan meletus..duaaaaar gede banget. Rupanya si Cakrim nyang nyundut petasan di samping peseban. Aki lagi minum ampe keselek dan kesimpatan. Engkong lebih seru lagi, dodol sejuring belom dikunyah ampe ketelen dan bikin Engkong kelolodan.

      “Dasar bocah ledok…lu mah kaga pada idep. Lagi lebaran juga pake nyundut petasan”, Aki Maja jengkel ama cucunya. Si Cakrim nyengir sambil meledin lidahnya ama Aki.

      “Tuh…dasar anak sekarang..sopannya ilang gara-gara nonton tivi..”, Keluh Aki sambil ngusapin mulutnya nyang basah.

      “Yah…namanya juga bocah, Ki. Masih untung dia nyundut petasan di latar. Lah kemaren di tempat gua, cucu gua mah lebih hebat lagi. Eh dia sundut petasan didalem kain sarung gua, abis dah kantong menyan gua…untung kaga somplak…”, cerita Kong Usman kaga mau kalah.

Keruan aja semua bini dan anak perempuannya mesem mesem. Dasar Aki- Aki. Kalo udah ngomong uplek banget ampe lupa waktu. Emang orang dulu mah kalo belon bakar petasan belon kerasa lebaran. Tiba- tiba Cungkring deketin Engkong Usman, nedengin tangan,

      “Kong minta duit dong…”

      “Waduh…”, Kong Usman kaget.

      “Eh…kaga boleh celutak tong. Dasar cucu – curang”, gerutu Aki rada malu ngeliat cicitnya celamitan. Kong Usman kasih duit rebuan. Cungkring langsung lari entah kemana.

      “Maafin kelakuan tuh bocah yah Kong..”, kata Aki lagi

      “Namanya juga bocah, Ki. Kita juga waktu seumuran dia mah lebih parah lagi..”, sahut Engkong sambil ngambil kue geplak dan langsung slep kemulutnya. Kue geplak ngepruy.

      Mereka terusin ngobrol. Kaga tau ada nyang datang. Cungkring dan Cakrim diem-diem sembunyi dikolong bangku dan taro petasan gede di bawah meja. Lalu dia sundut pake korek sambil merekanya lari. Aki dan Engkong ama bini-bininya masih uplek ngobrolin ngalor ngidul. Tiba-tiba mereka pada ngedengus karena nyium bau kebakar. Langak longok nyariin sesuatu. Dan…sedetik kemudian…DUUUAAAAAAAARRRRRR suara petasan meledak hebat dengan asep nyang ngegumpel. Aki ama Engkong kaga keliatan cuman nyerocos ama suara batuknya nyang ribut.

      “Dasssssaaarrr Cucuuuuuuu…”, teriak Aki sambil ngejauhin meja dan keluar peseban.

      “Cucu…..gua diempos….”, teriak Kong Usman sambil juga lari keluar.

Sementara bini-bininya pada kelabutan. Sementara Cungkring ama Cakrim tepuk tangan kegirangan. Sukses ngerjain Aki ama Engkong. Setelah itu mereka ngedeketin sambil bilang:

      “Maafin ya Aki ama Engkong. Kan masih lebaran hayooo??? Kalo kaga mau maafin dosa tahuuuuu”, teriak cicit serempak.

      Aki ama Engkong senyum. Maafin Aki Ama Engkong Yee…*

Majayus Irone/Budayawan/Rumahmediagrup.com/Cerpen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.