Insentif dan Evaluasi Kinerja

sumber gambar : galery rumahmediagrup.com

Insentif dan Evaluasi Kinerja

Konsep kinerja diyakini akan membawa pada besarnya insentif yang akan diterima pekerja/karyawan.  Berarti kinerja juga dimaknai sebagai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui karyawan mereka. Ini menghubungkan kegiatan dan tujuan melalui tugas karyawan di dalam institusi/perusahaan. Dengan kata lain, kinerja adalah tanggung jawab individu, kegiatan dan tugas, yang terdiri dari pekerjaan mereka, yang harus dilakukan dengan cara yang benar dengan mempertimbangkan kemampuan karyawan.

Kinerja karyawan dapat didefinisikan sebagai berbagai kegiatan dan tugas yang terdiri dari pekerjaan mereka (Al-Rabayah 2003). Kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar hidupnya mencari kepuasan kerja karena upaya positifnya berdampak pada kehidupan pribadi dan profesional mereka. Ini juga mengarah pada peningkatan produktivitas dan manfaat lembaga dan karyawan. Oleh karena itu, sangat sulit untuk mencapai tingkat produktivitas jangka panjang yang tinggi kecuali jika kepuasan kerja ada. Namun, banyak penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara motivasi yang diberikan kepada karyawan dan kepuasan mereka. Akibatnya, itu membantu meningkatkan kinerja mereka yang mengekspresikan hasil upaya individu yang dimulai dari kemampuan mereka dan mewujudkan tugas mereka. Kesimpulannya, konsep kinerja menunjukkan persentase mencapai dan menyelesaikan tugas individu yang terdiri dari pekerjaan mereka.

Cara Mengukur Kinerja Karyawan: 1). Jumlah Upaya: Ini mengacu pada jumlah energi fisik atau mental yang dihabiskan individu dalam periode waktu tertentu dalam pekerjaan, selain kecepatan dalam kinerja. 2). Kualitas Upaya: Ini mengacu pada tingkat kualitas pekerjaan yang dilakukan dan tingkat kesesuaian antara pekerjaan yang dilakukan dan beberapa standar tertentu. Beberapa jenis pekerjaan tidak diukur dengan jumlah atau kecepatan kinerja; melainkan oleh tingkat kinerja bebas kesalahan dan kesesuaian antara produksi dan standar yang diperlukan. 3).  Cara Kinerja: Ini adalah cara di mana tugas pekerjaan dilakukan. Misalnya, kinerja dapat diukur melalui cara kinerja, mengukur strategi penyelesaian masalah atau dalam mendeteksi masalah. 4). Rates of Performance: Ini mengacu pada proses di mana evaluator meningkatkan produktivitas karyawan untuk menentukan efisiensi, kualitas dan jumlah pekerjaan karyawan dalam periode waktu tertentu. Kemudian, ia membandingkan pekerjaan yang dilakukan karyawan dengan tarif yang ditentukan. (Al-Rabayah 2003).

Beberapa tujuan dapat dicapai melalui penerapan sistem evaluasi insentif. Salah satu sistem evaluasi yang paling penting adalah memilih individu yang memenuhi syarat yang kemampuan dan kualifikasinya sesuai dengan pekerjaan yang diperlukan. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk mengatakan bahwa mengevaluasi kinerja digunakan untuk mempromosikan individu seperti memberikan bonus dan insentif untuk meningkatkan produksi dan meningkatkan kualitasnya. Selain itu, mengevaluasi kinerja juga dapat menunjukkan kualitas pribadi karyawan yang membutuhkan pelatihan; juga, evaluasi tersebut dapat menyarankan beberapa langkah untuk meningkatkan kinerja ini (Al-Rabayah 2003). Akhirnya, program evaluasi kinerja meningkatkan moral karyawan dengan menghargai upaya mereka, yang menghasilkan peningkatan gaji/upah mereka (Abbas dan Hamadi 2009).

Referensi :

Abbas, A. and S. Hammadi. 2009. Motivations and their Effects on Performance. Tanmiat Alrafidain

93(31).

Al-Rabayah, A. 2003. Human Resource Management. The Impact of incentives on Nables Hospital Employees. Business Administration Nables.  

rumahmediagrup/Anita Kristina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.