Hikmah Ibadah di Rumah

Sejak mewabahnya virus corona atau covid -19 telah melumpuhkan berbagai aktivitas di dunia termasuk di Indonesia. Pandemi corona telah banyak berpengaruh pada kegiatan ekonomi,  sosial,  pendidikan,  keagamaan, dan kegiatan lainnya.  Akhirnya sebagian besar kegiatan harus dilakukan di rumah. Bahkan untuk kegiatan ibadah pun pemerintah menghimbau untuk dilaksanakan di rumah saja. 

Berhubungan dengan kegiatan bulan Ramadhan tahun ini,  Kemenag pun menghimbau agar semua umat melaksanakan ibadah di rumah saja selama pandemi corona belum mereda. Apalagi untuk yang berada di zona merah sangat dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan ibadah di rumah.  Namun demikian ada pula daerah yang masih melaksanakan kegiatan ibadah di mesjid. Hal ini dibolehkan saja asal kegiatan ibadahnya melaksanakan protokol kesehatan. Seperti memakai masker,  mencuci tangan sebelum masuk, dan menjaga jarak dengan yang lain.

Himbauan lainnya yang tidak boleh dilakukan selama bulan Ramadhan adalah harus meniadakan aktivitas buka puasa bersama di luar rumah. Kegiatan sholat tarawih pun dianjurkan di rumah. Hal ini demi memghindari diri tertular virus corona yang kadang tidak tahu menular dari siapa karena ada kemungkinan orang yang menularkan tanpa gejala,  jadi tidak kelihatan. Ibadah lainnya yang bisa kita laksanakan di rumah adalah tadarus.

Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik selama ibadah di rumah,  diantaranya

  1. Mengukur sejauh mana kita mampu mempertahankan kualitas dan kuantitas ibadah kita.
  2. Dengan beribadah di rumah akan terhindar sifat riya. Karena dengan beribadah di rumah tidak akan dilihat oleh orang lain. Karena biasanya kita beribadah ingin dilihat orang lain dan berharap pujian dari orang lain.
  3. Melaksanakan ibadah di rumah sebagai ujian terhadap kualitas ibadah kita.
  4.  Dengan beribadah di rumah akan semakin dekat keluarga.
  5. Beribadah di rumah bisa dijadikan sebagai bahan introspeksi diri.
  6. Diam di rumah selama ada wabah akan dapat pahala.
  7. Dengan beribadah di rumah mengajarkan kerendahan hati dan berserah diri kepada Allah.

Itulah beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan jika kita beribadah di rumah selama masa pandemi ini. Semoga wabah ini segera pergi. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.