Tibbun Nabawi – Sehat Ala Nabi 10. Khasiat Habatussauda

Tibbun Nabawi – Sehat Ala Nabi

10. Khasiat Habatussauda

Hari Ahad selesai salat Asar, Abah dan Umi membuka bungkusan yang diberikan oleh Wan Jamal beberapa waktu yang lalu. Ada dua bungkusan besar. Satu bungkus ternyata isinya berbagai jenis camilan makanan khas Timur Tengah.

Melihat itu, anak-anak berebut ingin tahu, penasaran. Mungkin karena makanan itu jarang mereka lihat. Rasanya yang manis dan ada sedikit aroma rempah-rempah mengundang tanggapan yang berbeda dari anak-anak. Bisa jadi karena rasanya sedikit asing dan manisnya yang legit.

Anak-anak menikmati kismis, kurma, cokelat batu aquarium, kacang pistachio, permen nougat, mamooul, dan cokelat kurma. Makanan yang tentu saja langka didapat oleh mereka anak kampung Darmasatya.

Umi lalu membuka bungkusan yang satu lagi. Isinya berbeda dengan bungkusan pertama. Ada habatussauda, madu, minyak zaitun, siwak, dan itsmid atau celak. Ada juga beberapa jenis barang lain. Alhamdulillah, Wan Jamal memberikan banyak sekali oleh-oleh dari Madinah.

Gustaf dan Rahman tertarik melihat isi bungkusan yang kedua dibanding cemilan yang sedang dinikmati anak-anak.

“Bah ini manfaatnya apa saja?” Gustaf menunjuk biji-bijian berwarna hitam dalam sebuah toples kaca bening.

“Oh, itu namanya habbatussauda . Masih murni dan berbentuk butiran hitam. Disebut juga jinten hitam, black seed, dan nigella sativa. Kalau yang ini, habatussauda yang sudah diekstrak menjadi minyak dan dikemas dalam kapsul. Terus yang ini, minyak habatussauda yang sudah dicampur dengan minyak zaitun,” terang Abah sambil menunjuk dua botol yang berbeda.

“Habatussauda itu bisa disebut obat segala macam penyakit. Baik penyakit yang bersifat dingin maupun penyakit yang bersifat panas dan kering. Sampai Nabi bersabda, “Sungguh dalam habatussauda itu terdapat penyembuh untuk segala penyakit kecuali kematian.”

Abah juga menjelaskan, setiap muslim harus memiliki keyakinan bahwa habatussauda memiliki banyak sekali manfaatnya.

Munurut Abah, Habbatussauda sudah melewati berbagai penelitian ilmiah dan terbukti meningkatkan kekebalan atau sistem imun. Sifat farmakologisnya mampu berperan sebagai stimulan kekebalan, anti-inflamasi, anti-kanker, antioksidan.

Abah menjelaskan lebih lanjut, bahwa dalam Habatussauda itu mengandung aneka nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat termasuk asam oleat dan asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan antioksidan.

“Ini sangat penting, habatussauda merupakan “sahabat” untuk suami dalam hal kesuburan. Baik untuk kesehatan sperma, menguatkan otot dan sistem syaraf reproduksi pria, mencegah ejakulasi dini, melancarkan peredaran darah pada alat reproduksi, dan meningkatkan libido. Kalian laki-laki wajib tuh mengkonsumsi habatusauda apalagi kalau sudah menikah,” kata Abah sambil menggoda.

Gustaf dan Rahman tertawa.

“Sementara untuk wanita, habatussauda sangat penting untuk mengobati dan menyembuhkan keputihan, membantu melancarkan menstruasi, menjaga kualitas sel telur. Bahkan dipercaya mampu membantu keberhasilan program hamil pasangan suami istri.”

“Sebenarnya, masih banyak lagi manfaatnya. Segala sesuatu yang kita lakukan dan berhubungan dengan Tibbun Nabawi akan memberikan manfaat yang besar jika kita sesuai dan optimal dalam menggunakannya,” kata Abah.”Satu lagi, harus yakin bahwa segalanya datang dari Allah.”

Lalu Umi menambahkan.” Alangkah baiknya, penyembuhan penyakit jasmani yang dilakukan harus dibarengi dengan penyembuhan ruhiyah. Banyak-banyak taubatan nasuha. Jauhkan diri dari syirik. Juga dendam, riya, hasad dan lain-lain. Makan makanan yang halal, perbanyak sedekah, infak, dan zakat.”

*****

Medical Hadis:
Di dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim Bab al-Habbah as-Sauda’, ada dua hadis yaitu:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا سَمِعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّ هَذِهِ اْلحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ مِنَ السَّامِ. قُلْتُ: وَمَا السَّامُ؟ قَالَ: اَلْمَوْتُ

Artinya: “Diriwayatkan dari Aisyah bahwa dia mendengar Nabi saw bersabda: “Sesungguhnya al-Habbah as-Sauda’ ini adalah kesembuhan (obat) dari setiap penyakit kecuali dari as-Sam”. Kataku (Aisyah): Apa itu as-Sam? Jawab Nabi saw: “Kematian”.”

******

Referensi :
– Alquran Cordoba – Amazing
(Ibnul Qayyim Aljauziyyah, Zadu’l Ma’adi fi Hadyi Khayri’l Ibadi, Juz 4 t.t. :297-298)
– Google, berbagai jurnal islam dan kesehatan

Salam Literasi !

Kamis, 14 Mei 2020

rumahmediagrup/irmasyarief

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.