Berdirilah Dengan Gagah Dan Tabah

Berdirilah Dengan Gagah Dan Tabah

Tidak ada kemudahan selain Allah yang menjadikannya mudah. Ridha, ridha, ridha dan ridha adalah kunci untuk menghilangkan kesedihan, berganti dengan tumbuhnya kebahagiaan. Mulailah membiasakan diri untuk bahagia, memampukan diri untuk memikul tanggungjawab diatas pundak dengan gagah dan tabah.

Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu tidak ada satupun yang membahayakan, baik di bumi maupun di langit. Aku rela Allah sebagai Rabbku, islam sebagai agamaku, dan Muhammad sebagai nabiku. Kan ku tepati janjiku kepadamu semampuku, Ya Rabbi, perbaikilah segala keadaan dan urusanku, jangan Engkau serahkan kepadaku sekalipun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu.

Ada satu hadits yang menurut saya cukup untuk menghibur diri dari tipu daya dunia.  Dalam hadits  Quidsi Rasulullah shallahu ‘alayhi wa sallam bersabda bahwa Allah berfirman:

Wahai anak Adam, janganlah engkau takut kepada siapapun yang memiliki kekuasaan selama kekuasaan-Ku masih ada, dan ketahuilah kekuasan-Ku tidak akan pernah pernah sirna selamanya. Wahai anak Adam jangan pernah engkau takut akan sempitnya rizki karena perbendaharaan-Ku penuh dan  perbendaharaan-ku tidak akan habis selamanya. Wahai anak Adam, Aku ciptakan engkau utuk beribadah, maka janganlah engkau bermain-main dan Aku telah tetapkan bagimu rejekimu, maka janganlah penatkan ragamu. Jika engkau ridha terhadap pembagian-Ku, maka akan Aku tenangkan jiwa dan ragamu, dan engkau akan mulia di sisi-Ku, jika engkau tidak ridha terhadap pembagian-Ku, demi kemuliaan dan keagunganku, maka  Aku akan membuatmu mengejar dunia seperti hewan buas yang mengejar mangsanya di padang pasir. Kemudian tidak akan datang kepadamu kecuali yang sudah Aku tetapkan. Wahai anak Adam, Aku telah ciptakan langit dan bumi, dan aku tidak pernah merasa susah dalam mengurus dan menciptakannya, lantas apakah engkau mengira Aku akan lelah dalam mengurus rizkimu? Wahai anak Adam, Aku tidak pernah lupa kepada mereka yang telah bermaksiat kepada-Ku, lantas apakah engkau mengira Aku akan lupa kepada mereka yang ta’at kepada-Ku? Sedangkan Aku adalah Tuhan Yang Maha Pengasih  dan Berkuasa atas segala sesuatu. Wahai anak Adam jangan pernah engkau pernah meminta kepada-Ku rizki esok hari, sebagaimana Aku tidak pernah meminta kepadamu amal esok hari. Wahai anak Adam, Aku sangat mencintaimu maka demi hak-Ku di atasmu, jadilah engkau orang yang cinta kepada-Ku.

 Hadits diatas bisa kita jadikan prinsip hidup, sering diulang-uang setiap hari, kalau bisa dihafal, biar saat  hidup semrawut, saat dunia lebih dominan kita kejar, saat lelah karena kerasnya kehidupan menghampiri, hadits ini bisa direnungkan maknanya kemudian tarik nafas ucapkan “Alamdulillah ‘ala kulli hal” lalu bangkit dan semangat berikhtiar, memperbaiki iman yang mulai menciut, sabar yang mulai pudar, ikhas yang mulai terkikis.

Rumahmediagrup/Vita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.