Ibadah di Rumah Saja

Ibadah di Rumah Saja

Ibadah merupakan kewajiban. Sebagai umat yang beriman pasti melaksanakan ibadah. Ritualitas ini sebagai bentuk komunikasi umat kepada Sang Pencipta.

Ibadah banyak jenisnya. Dalam Islam dikenal ibadah wajib dan sunnah. Ibadah wajib seperti salat 5 waktu dan rukun lain sebagaimana tertera dalam Rukun Islam. Ibadah sunnah seperti salat rawatib dan ibadah lain sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw.

Dalam melakukan ibadah, terdapat tempat-tempat mustajab. Di antara tempat tersebut adalah masjid sebagai rumah Allah Swt. Memakmurkan masjid sangat besar faedahnya.

Di kala masa pandemi ini, pemerintah menghimbau agar masyarakat beribadah di rumah. Wabah penularan Covid-19 bukan hal yang remeh. MUI (Majelis Ulama Indonesia) menghimbau lebih baik ibadah di rumah agar terhindar dari virus corona.

Jika kita kaji dalam perjalanan sejarah Islam, bahwa telah terjadi wabah penyakit menular yang sangat berbahaya pada masa itu. Dari peristiwa tersebut muncullah anjuran jika kita berada di daerah wabah, maka jangan pergi ke daerah lain karena khawatir menukarkan wabah tersebut. Sebaliknya jika kita berada di daerah lain, maka jangan masuk ke daerah wabah karena khawatir tertular.

Ibadah di rumah ini juga termasuk ibadah tahunan seperti tarawih. Ibadah ini hanya ada setahun sekali pada malam hari di bulan Ramadan. Pemerintah menghimbau, untuk tahun ini, dilaksanakan di rumah saja bersama keluarga. Semua diupayakan agar terhindar dari wabah Covid-19.

Mari kita petik hikmah dari pandemi ini. Apakah ibadah di rumah, tidak diterima amalnya? Tentu kita sepakat bahwa amal ibadah seseorang tergantung kepada keikhlasannya dan hanya Allah Swt Yang Mahatahu. Dari itu, ayo sayangi diri dan keluarga dengan beribadah di rumah saja. Insyaallah wabah cepat berakhir dan kita bisa memakmurkan masjid kembali.

Sumber foto: Masjid Aljabar, Cirebon. Dokumem Pribadi.

Rumahmedigrup/saifulamri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.