Maafkanlah

Maafkanlah

Memaafkan tidak membuat kita hina, berikanlah maaf kepada mereka. Semoga dengan itu Allah juga memberikan maaf kepada kita atas kesalahan yang sudah kita lakukan, karena sejatinya kita hanyalah manusia biasa tempatnya salah dan khilaf. Kita pun punya dosa, tak perlu menyimpan duri dalam hati. 

Jangan balas keburukan dengan keburukan. Biarlah mereka mengurus hidupmu hingga mereka lelah, tidak perlu membalasnya, tidak perlu mengumbar rahasia dan aibnya yang selama ini kita simpan rapat-rapat. Tetaplah menjadi kawan yang baik. Muliakan dirimu dengan menjadi orang yang tak akan pernah mengumbar aib orang lain.

Yang benar memaafkan yang salah meminta maaf, begitulah seharusnya. Jangan sampai saling diam atau tidak saling menegur. Semua orang itu pasti pernah melakukan kesalahan.

Jadilah orang yang  memiliki keluasan hati, disaat dighibah, difitnah ia mampu memaafkan kesalahan orang lain. Tidak perlu saling mengedepankan ego, merasa paling benar lalu enggan untuk meminta maaf.

Orang beriman sudah pasti baik tapi orang baik belum tentu beriman. Allah sudah menyediakan surga yang seluas langit dan bumi bagi orang yang beriman. Jadilah orang beriman, jangan biarkan penyakit hati iri, dengki, hasad menguasai diri.

Maafkan kesalahan saudara kita agar kita bisa menjalani hidup dengan tenang dan hati yang lapang. Tak perlu menyibukkan diri dengan perkataan dan perlakuan buruk orang kepada kita.

Memafkan memang tidak mudah tapi keutamaan memaafkan sangatlah indah. Dosa kita terampuni, kita akan menemukan ketenangan dalam hati.

Rumahmediagrup/Vita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.