Tibbun Nabawi – Sehat Ala Nabi 12. Manfaat dan Posisi Tidur yang Baik

Tibbun Nabawi – Sehat Ala Nabi

12. Manfaat dan Posisi Tidur yang Baik

Oleh Irma Syarief

“…. Nabi Muhammad SAW setelah mendapat perintah hijrah, kemudian beliau mulai memerintahkan para sahabatnya untuk berhijrah secara sembunyi-sembunyi menuju Yatsrib (Madinah). Kejadian itu terjadi pada tahun 622 H pada tahun ke-13 kenabian.”

“Anak-anak, ada satu kejadian yang begitu dikenang sepanjang masa, bagaimana Abu Bakar Ash Shiddiq yang begitu mencintai Rasul mau berkorban dan rela terluka di Gua Tsur saat mendampingi Nabi Muhammad SAW hijrah. Dalam persembunyian inilah, Abu Bakar membiarkan kakinya digigit ular untuk melindungi Nabi Muhammad SAW.”

Anak-anak kampung Darmasatya yang sedang mengikuti pengajian di Masjid terdiam tak bersuara ketika mendengarkan kisah ini.

“Abu Bakar mencoba menahan rasa sakit.Ia menahan dirinya agar tidak bergerak dan tidak membangunkan Nabi. Air mata Abu Bakar menetes sehingga terjatuh di wajah Nabi.”

‘”Apa yang menimpamu wahai Abu Bakar?” tanya Nabi yang terbangun.

Abu Bakar menjawab, “Aku disengat sesuatu wahai Rasul.”‘

“Kemudian Nabi mengobati kaki Abu Bakar. Seketika luka itu sembuh.
Abu Bakar kembali tenang lalu tersenyum kepada Nabi. Kemudian Nabi dan Abu Bakar melanjutkan persembunyiannya di Gua Tsur hingga keadaan aman.”

*****

Suara Ustad Muhazir begitu tenang di saat menceritakan perjalanan hijrah Rasul dan sahabatnya dari Mekah menuju Yatsrib yang dikenal sekarang dengan kota Madinah.

Anak-anak sangat terharu mendengarkan Sirah Nabawiyah yang disampaikan tadi. Bahkan Masyira dan Hawwa terlihat berkaca-kaca dan menitikkan air mata.

Ustad lalu mengedarkan pandangan ke segala penjuru Masjid. Beliau merasa ada sesuatu yang ganjil di belakang anak-anak yang sedang duduk. Ustad Muhazir kemudian mendekati tempat itu.

Ternyata, ada anak laki-laki yang tertidur nyenyak di sana dengan posisi tidur menelengkup. Tengkurap.

Anak itu bernama Rizki. Rizki memang sering sekali mengantuk ketika sedang mengaji atau belajar di sekolah. Bisa jadi, tiap malam dia kurang tidur karena suka ikut berdagang jagung bakar dengan bapaknya.

Ustad Muhazir sengaja tidak membangunkannya. Hanya membetulkan posisi tidur Rizki agar miring ke arah kanan.

“Kenapa Rizki dirubah cara tidurnya, Ustad? Tidur kayak gitu ‘kan enak?” tanya Yazid. Penasaran.

“Posisi seperti ini yang disunahkan Nabi.” jawab Ustad Muhazir. “Nah anak-anak, kalian tahu kenapa kita harus tidur yang cukup di malam hari?”

Ustad kembali ke tempat duduknya dan anak-anak pun kembali mengelilingi beliau.

“Supaya badan sehat dan segar,” jawab Adib cepat.

“Betul.”

“Tidur adalah suatu keadaan yang dialami badan, disertai menurunnya panas dan kekuatan secara alami hingga ke bagian dalam organ tubuh kita. Tentunya tidur itu untuk mendapat ketenangan anggota tubuh. Selain itu, tidur bermanfaat untuk memcerna makanan dan mematangkan proses metabolisme.”

“Tidur yang paling baik adalah tidur yang diajarkan oleh Nabi, 14 abad silam.”

“Bagaimana caranya? Dengan cara posisi tidurnya miring di atas lambung kanan, agar makanan mengambil tempat yang baik di dalam perut. Mengendap secara proposional, karena lambung lebih condong ke sisi kiri. Lalu ubah posisi ke sisi lambung kiri untuk mempecepat pencernaan. Baru setelah itu kembali ke posisi kanan.”

Berdasar studi yang dilakukan pada 2003 dan dimuat The Journal of American College of Cardiologi –yang dimuat New York Times 21 Februari 2011, tidur dengan posisi miring ke kanan lebih aman daripada miring ke kiri. Tidur dengan posisi miring ke kanan bisa mengurangi risiko kegagalan fungsi jantung. Sebab, saat posisi tubuh miring ke kanan, membuat jantung yang berada di bagian kiri tidak tertindih oleh organ yang lain.

“Hendaknya setiap orang yang mau tidur melakukan adab-adab seperti yang baik yaitu: berwudhu seperti wudu untuk salat, berbaring di atas tubuh yang kanan, lalu membaca doa yang disebutkan.
Posisi yang buruk dan dihindarkan yaitu tengkurap atau menelungkupkan muka ke bawah.”

“Sudah paham anak-anak? Mulai sekarang, biasakan cara tidur seperti Nabi Muhammad. Matikan lampu, meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan, Tidur lebih awal selepas salat Isya.”

*****

Medical Hadis

Dari Al-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau telah bersiap tidur, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan, lalu ucapkanlah:

ALLOHUMMA ASLAMTU NAFSII ILAIK, WA WAJJAHTU WAJHIYAILAIK, WA FAWWADH-TU AMRII ILAIK, WA ALJA’TU ZHOHRII ILAIK, ROGH-BATAN WA ROHBATAN ILAIK, LAA MALJA-A WA LAA MANJAA MINKA ILLA ILAIK. AAMANTU BIKITAABIKALLADZI ANZALTA, WA BI NABIYYIKALLADZI ARSALTA.

Artinya:

‘Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena senang (mendapatkan rahmat-Mu) dan takut pada (siksaan-Mu, bila melakukan kesalahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)-Mu, kecuali kepada-Mu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) Nabi-Mu yang telah Engkau utus.’

Maka jika engkau mati pada malam ini, engkau mati dalam keadaan fitrah (tauhid, iman, dan Islam). Jadikan pula kalimat tersebut sebagai akhir perkataanmu.” (Muttafaqun ‘alaih)
[HR. Bukhari, no. 247, 6313 dan Muslim, no. 2710]

Referensi:
https://rumaysho.com/19058-tiga-praktik-sebelum-tidur-penuh-manfaat-lalu-hafalkan-doanya.html
– Liputan6.com
https://www.liputan6.com/health/read/3182102/ketahui-6-cara-tidur-sehat-seperti-nabi-muhammad-saw

_Alquran Cordoba – Amazing
(Ibnul Qayyim Aljauziyyah, Zadu’l Ma’adi fi Hadyi Khayri’l Ibadi, Juz 4 t.t. :240 & 243)
– Jateng Tribunnews, Kitab Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam

Sabtu, 16 Mei 2020

rumahmediagrup/irmasyarief

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.