Apa Kabar Mereka Hari Ini?

Sumber gambar : galery mediagrup.com

Apa Kabar Mereka Hari Ini?

Apa kabar mereka hari ini? Pertanyaan sederhana hanya sebatas menyapa, tetapi sungguh menjadi istimewa kalau mereka adalah orang-orang yang selalu kau rindukan. Ucapkan saja tiap hari, biar mereka tahu betapa tersiksanya hati tak bisa melihat senyum mereka secara langsung.

Apa kabar mereka hari ini? Mungkin ini pertanyaan sederhana hanya sebatas lelucon, kalau mereka adalah para pencinta masjid. Mereka harus berbadah di rumah, sedangkan mereka yang lain masih berdebat kenapa masjid di tutup sedangkan mall dan pasar tidak. Berdebatlah tiada henti, berdebatlah tentang iman dan ketaqwaan tanpa akal. Tertawa saja kalau lucu. Tapi jangan biarkan orang lain justru menertawakan kebodohanmu.

Apa kabar mereka hari ini? Pertanyaan sederhana ini justru menimbulkan kepahitan hati. Kalau mereka yang kau sapa ini adalah tenaga kesehatan yang lagi “berperang” melawan semuanya, sedangkan mereka yang lain lagi asyik berdesakan membeli baju lebaran atau lainnya. Atau bahkan tanpa jaga jarak, berfoto ria, update status sebuah resto masakan saji yang akan dibongkar. Lakukan saja kepahitan ini, ludahkan saja. Tapi ingat ya jangan biarkan orang lain meludahi keangkuhanmu.

Apa kabar mereka hari ini? Sederhana bukan saat mengucapkannya? Tapi sangat berat, jika mereka yang kau maksud adalah para pekerja harian, yang tak lagi punya penghasilan. Anak dan istri mereka menjerit lapar. Sedangkan mereka yang lain pamer beli 3 biji kue harganya Rp. 500 ribu. Lakukan saja pamermu. Tapi ingatlah ada yang sedang bersabar karena lapar. Bisa jadi doa mereka yang terdengarNya.

Apa kabar mereka hari ini? Jika hari ini ada mereka yang merasa menderita, sedih, berat, dan sulit, tetaplah bersyukur apapun rasa itu. Bertahan untuk selalu bersyukur, yakinlah apapun yang terjadi sekarang, semua akan baik-baik saja nanti. Bersyukurlah mereka yang masih punya akal dalam beribadah, masih memiliki kadar lelucon secukupnya, yang masih memiliki kewarasan untuk bertindak. Kekacauan ini harusnya dirapikan, badai ini pasti berlalu, dosa-dosa harus ditebus.

Apa kabar mereka hari ini? Mungkin pertanyaan ini tak lagi mampu menolongmu. Dan pertanyaan ini mungkin tak butuh jawaban. Tak mengapa mereka tak menjawab. Asalkan kesedihanmu tak jadi sebuah keputusasaan.Tetaplah meminta, berdoa, beribadah, berbaik sangka pada segala takdirNya. Walau tanpa lagi menanyakan kabar mereka.

Bismillah, corona akan segera menghilang bersama semangat memperbaiki diri.  “Pulang” bersama kabar-kabar baik lainnya. Corona akan berakhir tak hanya sekedar menanyakan kabar. Apa kabar mereka hari ini?

rumahmediagrup/Anita Kristina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.